Rancang Bangun Aplikasi Presensi Berbasis Mobile Dengan Face Recognition

  • Muhamad Rizki Rifaldi STMIK AMIK BANDUNG
  • Indriani Indriani STMIK AMIKBANDUNG

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan CV Marecayasa Media diperoleh data bahwa yang menjadi masalah yaitu dalam proses melakukan presensi yang masih menggunakan cara manual seperti karyawan harus mengisi google form yang di buat terlebih dahulu menyebabkan seringnya terjadi manipulasi data seolah olah karyawan tersebut masuk dikarenakan sulit untuk mengenali karyawan hanya dalam bentuk namanya saja pada saat melakukan presensi.

 

Dari permasalahan tersebut di atas maka penulis membangun Aplikasi Presensi Berbasis Mobile Dengan Face Recognition dengan tujuan Aplikasi ini agar memudahkan karyawan dalam melakukan presensi masuk, presensi keluar, izin sakit dan izin cuti, serta membantu meminimalisir manipulasi data.

 

Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan perangkat lunak (Scrum) yaitu dari Analisis Kebutuhan, Product Backlog, Sprint Planning, Sprint Backlog, Sprint, Sprint Review  dan Pengujian (Testing). Untuk peracangannya pada aplikasi presensi berbasis mobile dengan face recognition  ini di bangun menggunakan Bahasa pemrorgraman Dart, dengan framework Flutter, serta untuk databasenya menggunakan Postgresql dan Backend API menggunakan baha pemrograman Golang dengan framework GO-Fiber.

 

Berdasarkan uji coba yang telah di lakukan menggunakan pengujian system black box rancang bangun aplikasi presensi berbasis mobile dengan face recognition berhasil di bangun dan menggunakan uat testing (User Acceptance Testing) mendapatkan presentase sekitar 95% dari aplikasi tersebut.

References

[1] Nisa Destiana. (2022, Oct) Majoo. [Online]. https://majoo.id/solusi/detail/presensi-adalah
[2] Rizka Maria Merdeka. (2022, March) Greatdayhr. [Online]. https://greatdayhr.com/id-id/blog/face-recognition-adalah/
[3] Putri Aprilia. (2021, Sept) Niagahoster. [Online]. https://www.niagahoster.co.id/blog/pengertian-flutter/
[4] Faradilla A. (2022, Dec) Hostinger. [Online]. https://www.hostinger.co.id/tutorial/api-adalah#Pengertian_API./
Published
2024-07-01
How to Cite
Rifaldi, M., & Indriani, I. (2024). Rancang Bangun Aplikasi Presensi Berbasis Mobile Dengan Face Recognition. Dinamik, 29(2), 144-152. https://doi.org/10.35315/dinamik.v29i2.9617
Section
Articles