Aplikasi penilaian kinerja karyawan menggunakan metode Balanced Scorecard (BSC)

  • Muhammad Yusuf Haryadi STMIK AMIKBANDUNG

Abstract

Penilaian kinerja karyawan menggunakan metode Balanced Scorecard (BSC) sangat efektif dalam mengukur penilaian kinerja karyawan dari berbagai perspektif, seperti finansial, pelanggan, proses internal dan pertumbuhan dan pembelajaran. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi penilaian kinerja karyawan dengan menggunakan metode Balanced Scorecard (BSC) pada perusahaan PT. ForIT Asta Solusindo.

Pada penelitian ini penulis merancang dan mengimplementasikan aplikasi penilaian kinerja karyawan menggunakan metode Balanced Scorecard (BSC) dengan empat perspektif utama, yaitu finansial yang diterapkan pada divisi akuntan, pelanggan yang diterapkan pada divisi pemasaran; proses internal dan pertumbuhan dan pembelajaran pada berbagai divisi. Untuk masing-masing perspektif memiliki nilai bobot yang berbeda namun dengan jumlah keseluruhan bobot yang sama dengan nilai persentase yang mencapai 100%. Aplikasi ini berbasis web dengan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Agile dengan model Scrum untuk memastikan adaptabilitas dan kualitas produk. Aplikasi ini juga dibangun menggunakan framework Laravel dan menggunakan basis data MySQL sebagai tempat penyimpanan data.

Hasil dari keseluruhan pengujian unit yang dilakukan dengan pengujian whitebox pada kode internal menggunakan PHPUnit. Hasil dari pengujian blackbox sesuai dengan kebutuhan fungsional dan non-fungsional aplikasi. Hasil dari skor Likert pada pengujian User acceptance test (UAT) menunjukkan dari faktor kepuasan pengguna mencapai 78% dan faktor kemudahan pengguna mencapai 96%.

Kata Kunci: Balanced Scorecard (BSC), Key Performance Indicators (KPI), Penilaian kinerja, Perspektif, Agile Scrum.

 

References

[1] Opan Arifudin, Annisa Mayasari, and Ulfah , "Implementasi Balanced Scorecard dalam Mewujudkan Pendidikan Tinggi World Class," Edumaspul : Jurnal Pendidikan, vol. V, no. 2, pp. 767-775, Oktober 2021.
[2] Muhammad Saidul Umam. (2019, March) Medium. [Online]. https://medium.com/dot-intern/agile-dan-scrum-pengenalan-ed1bb461a5bc#id_token=eyJhbGciOiJSUzI1NiIsImtpZCI6IjdjMGI2OTEzZmUxMzgyMGEzMzMzOTlhY2U0MjZlNzA1MzVhOWEwYmYiLCJ0eXAiOiJKV1QifQ.eyJpc3MiOiJodHRwczovL2FjY291bnRzLmdvb2dsZS5jb20iLCJhenAiOiIyMTYyOTYwMzU4M

[3] Raja Vanaldo Boang Manalu, Presilia Virji, and Hairul Anam, "pendekatan metode analytical hierarchy process usaha rintisan startup heksagonal trading di balikpapan," Jurnal Ekonomi Keuangan dan Manajemen, pp. 439-447, 2021.
[4] Genesis Angelina, Petrus Sokibi, and Rifqi Fahrudin, "Perancangan Sistem Informasi Penilaian Kinerja Promotor Terhadap Product Knowledge Menggunakan Metode Key Performance Indicator (Studi Kasus : Pt. World Innovativetelecommunication)," Jurnal Ilmiah DIGITAL OF INFORMATION TECHNOLOGY, vol. XI, no. 2, pp. 144-154, November 2021.
Published
2024-07-01
How to Cite
Haryadi, M. (2024). Aplikasi penilaian kinerja karyawan menggunakan metode Balanced Scorecard (BSC). Dinamik, 29(2), 125-132. https://doi.org/10.35315/dinamik.v29i2.9603
Section
Articles