PENERAPAN METODE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA SISTEM INFORMASI LAUNDRY

  • Nurul Puspa Dewi Universitas Stikubank
  • Jati Sasongko Wibowo Universitas Stikubank

Abstract

Pencucian pakaian dan layanan dry cleaning, yang saat ini dapat dijalankan di rumah atau melalui bisnis yang tersedia, menjadi semakin populer. Hal ini telah menyebabkan persaingan sengit di industri ini. Untuk mengatasi persaingan ini, diperlukan usaha untuk memperkenalkan dan mempromosikan layanan pencucian pakaian dengan menggunakan metode Customer Relationship Management (CRM). Tujuan utamanya adalah menarik lebih banyak pelanggan, menjaga hubungan baik dengan pelanggan yang sudah ada, serta efektif mengelola data pelanggan dan keuangan bisnis pencucian pakaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi yang menggunakan metode CRM untuk meningkatkan interaksi yang positif dan nyaman dengan pelanggan. Dalam pengembangan sistem ini, bahasa pemrograman seperti PHP dan HTML digunakan, dengan penggunaan database PostgreSQL dan framework Laravel. Hasilnya adalah sebuah sistem informasi yang kompatibel dengan penerapan metode CRM, memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mencari informasi tentang layanan pencucian pakaian. Saran dari penelitian ini adalah untuk terus meningkatkan penggunaan metode CRM agar interaksi dengan pelanggan dapat lebih aktif dan efektif.

References

[1] Sitohang, N. (2019). Penerapan Customer Relationship Management Pada Sistem Informasi Penjualan (Studi Kasus Lavaz Kopi Kisaran), Regional Development Industry & Health Science, Technology and Art of Life, No.2620-6048, 224-234.
[2] Agunta, N., Arip M., Sitti, S. (2017). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web Mobile pada Coffee Toffee, Proceedings of National Seminar on Electrical Engineering, Gorontalo, 18 October 2017. [3] Prasetyanto, I. (2020). Aplikasi Jasa Laundry Berbasis Web Dengan Metode Customer Relationship Method (CRM), Univ. 17 Agustus 1945, Surabaya.
[4] Hijriani, A., Fikri, A.M. (2019). Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Usaha Mikro Bidang Retail Studi Kasus CV Duta Square Bandar Lampung. Univ. Lampung, Bandar Lampung.
[5] Ulfa, M. (2018). Sistem Informasi Manajemen Hubungan Pelanggan Pada Laundry Cleanklin Berbasis Android, Skripsi, Program Studi Sistem Informasi, Univ. Islam Negeri Raden Fatah, Palembang.
[6] Zakaria, H., Aida E.M. (2019). Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) untuk Meningkatkan Loyalitas dan Pelayanan Customers Berbasis Web dengan Model Waterfall, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, no. 2, vol. 2, hal. 66-72.
[7] Ridhanoor, M.R. (2020). Aplikasi Pengelolaan Jasa Laundry Pada Toko Ericho And Nico Berbasis Web Dan Android, UNISKA, Banjarmasin.
Published
2021-06-30
How to Cite
Dewi, N., & Wibowo, J. (2021). PENERAPAN METODE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA SISTEM INFORMASI LAUNDRY. Dinamik, 26(1), 38-46. https://doi.org/10.35315/dinamik.v26i1.9593
Section
Articles