Analisis User Interface Dan User Experience Pada Aplikasi Gramedia Digital Menggunakan Metode Human Centered Design
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan User Interface (UI) dan User Experience (UX) pada aplikasi Gramedia Digital, yang merupakan platform untuk mengakses konten digital seperti buku, majalah, dan e-book. Metode Human Centered Design digunakan dalam penelitian ini, dengan fokus pada pemahaman mendalam tentang pengguna, kebutuhan mereka, dan lingkungan penggunaan aplikasi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan survei untuk mengidentifikasi kebutuhan dan preferensi pengguna. Berdasarkan analisis sistem berjalan, perancangan ulang sistem, dan evaluasi ulang sistem pada aplikasi Gramedia Digital, ditemukan bahwa rekomendasi tampilan antarmuka aplikasi baru sesuai dengan kebutuhan pengguna, sehingga meningkatkan nilai usability aplikasi sesuai dengan harapan dan kebutuhan pengguna. Hasil penilaian menggunakan metode System Usability Scale (SUS) pada aplikasi Gramedia Digital awal menunjukkan skor rata-rata 41, yang berada di bawah rata-rata. Namun, setelah melakukan analisis terhadap sistem redesign menggunakan metode Human Centered Design, ditemukan skor rata-rata 80, yang menunjukkan bahwa aplikasi Gramedia Digital telah memenuhi nilai kegunaan yang diharapkan. Dengan peningkatan nilai usability sebesar 39, perancangan ulang sistem aplikasi Gramedia Digital telah mencapai tingkat yang dapat diterima oleh pengguna. Ini menunjukkan bahwa rancangan antarmuka pengguna (User Interface) aplikasi Gramedia Digital yang dibuat berdasarkan metode Human Centered Design lebih baik daripada sistem sebelumnya.
References
[2] L. Kirby, H. Tolle, and A. H. Brata, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Social Crowdsourcing Bencana Alam menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. e-ISSN, vol. 2548, no. 5, p. 964X, 2019.
[3] D. A. Fatah, “Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Aplikasi Mobile Menggunakan Usability Testing dengan Pendekatan Human-Centered Design (HCD),” Rekayasa, vol. 13, no. 2, pp. 130–143, 2020, doi: 10.21107/rekayasa.v13i2.6584.
[4] J. M. Putri, E. Krisnanik, H. Nurramdhani, T. Tjahjanto, and D. Mahdiana, “Analisis dan Perancangan User Interface dan User Experience BNI Life Mobile dengan Metode User Centered Design,” Inform. J. Ilmu Komput., vol. 18, no. 1, p. 34, 2022, doi: 10.52958/iftk.v17i4.4319.
[5] D. Mayangsari, M. Munawaroh, A. Hanafi, and M. E. Fany, “Redesign E-Learning Edmodo Untuk Meningkatkan Semangat Belajar,” J. Simantec, vol. 8, no. 2, pp. 94–99, 2020, doi: 10.21107/simantec.v8i2.8901.
[6] V. Rinaldy Leonard, B. Zaman, S. Bahri, T. Informatika, and S. Kharisma Makassar, “Perancangan Ulang Ui/Ux Pada Website Lelangyuk Menggunakan Pendekatan User Centered Design,” Jtriste, vol. 9, no. 1, pp. 31–45, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.kharisma.ac.id/jtriste/article/view/362
[7] A. R. Putra, S. H. Wijoyo, and Y. T. Mursityo, “Evaluasi Usability Dan Perbaikan User Interface Pada Aplikasi KRL Access Menggunakan Metode Human Centered Design ( HCD ) dan Post-Study System Usability Questionnaire ( PSSUQ ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 1, pp. 190–199, 2020, [Online]. Available: http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1479340&val=10384&title=Evaluasi Usability Dan Perbaikan User Interface Pada Aplikasi KRL Access Menggunakan Metode Human Centered Design HCD dan Post-Study System Usability Questionnaire PSSUQ
[8] H. S. Prakoso and K. D. Hartomo, “Perancangan Antarmuka Sistem Pelaporan Kerusakan Gedung Menggunakan Metode Human Centered Design (HCD) Berbasis Mobile dengan Teknologi Hybrid (Studi Kasus : Kampus Notohamidjojo FTI UKSW),” J. Transform., vol. 18, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.26623/transformatika.v18i1.1913.
[9] A. R. Setiadi and H. Setiaji, “Perancangan UI/UX menggunakan pendekatan HCD (Human-Centered design) pada website Thriftdoor,” Automata, vol. 1, no. 2, pp. 228–233, 2020.
[10] C. Damayanti, A. Triayudi, and I. D. Sholihati, “Analisis UI/UX Untuk Perancangan Website Apotek dengan Metode Human Centered Design dan System Usability Scale,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 1, p. 551, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i1.3526.
[11] R. Vilardaga et al., “User-centered design of learn to quit, a smoking cessation smartphone app for people with serious mental illness,” JMIR Serious Games, vol. 20, no. 1, 2018, doi: 10.2196/games.8881.
Copyright (c) 2024 Khofifah Wulandari, Didi Shaldy Rahma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.