ANALIS USER EXPERIECE DALAM APLIKASI SOCO BY SOCIOLLA UNTUK MENINGKATKAN PENGALAMAN PENGGUNA MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN THINKING
Abstract
Pengalaman pengguna yang baik dalam aplikasi mobile menjadi faktor kunci dalam keberhasilan sebuah platform digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis User Experience (UX) aplikasi SOCO by Sociolla yang merupakan aplikasi di bidang kecantikan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan design thinking untuk menganalisis kebutuhan pengguna dalam menggunakan aplikasi SOCO by Sociolla. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi fitur-fitur yang membutuhkan perbaikan ataupun peningkatan. Hasil analisis menujukkan ada beberapa masalah yang harus diperbaiki dari mulai bahasa, tata letak, kekonsistenan tampilan dan yang lainnya. Dari masalah-masalah yang ditemukan dibuatlah desain baru yang diujikan kepada reponden dan mendapatkan hasil yang baik dari perancangan ulang yang baru terhadap aplikasi SOCO by Sociolla.
References
[2] I. T. Lestari, Dian Permata Sari, dan Rian Andrian, “Redesign User Interface Aplikasi Ipusnas Berdasarkan User Experience Dengan Metode Design Thinking,” J. Ilm. Betrik, vol. 13, no. 2, hal. 120–129, 2022, doi: 10.36050/betrik.v13i2.485.
[3] E. C. Shirvanadi, “Perancangan Ulang Ui/Ux Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center),” Peranc. Ulang Ui/Ux Situs E-Learning Amikom Cent. Dengan Metod. Des. Think. (Studi Kasus Amikom Center), hal. 8, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34156.
[4] Ilham Firman Ashari dan Rahmat Rizky Muharram, “Pengembangan Antarmuka Pengguna Kolepa Mobile App Menggunakan Metode Design Thinking Dan System Usability Scale,” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 9, no. 2, hal. 168–176, 2022, doi: 10.30656/jsii.v9i2.4993.
[5] M. Design, K. Sisfo, S. Unimma, A. Candra, P. Sukmasetya, dan P. Hendradi, “Perancangan UI / UX Aplikasi Berbasis Mobile Menggunakan Designing UI / UX Mobile -Based Applications Using the Design thinking Method ( Case Study of SISFO SKPI UNIMMA ),” hal. 53–68.
[6] R. I. Syabana, P. Y. Saputra, dan N. Anugrah, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan User Interface,” e-conversion - Propos. a Clust. Excell., hal. 40–60, 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://jurnalti.polinema.ac.id/index.php/SIAP/article/view/719.
[7] F. C. Wardana, I. G. Lanang, dan P. Eka, “Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile,” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 03, no. 04, hal. 1–12, 2022.
[8] S. Maharani, D. P. Kynta, B. A. Fernando, M. Naufal, B. Putra, dan M. R. Pribadi, “Perancangan Antarmuka Pengguna Pada Aplikasi Nimblespace Dengan Menggunakan Metode Design Thinking,” Msc, hal. 313–320, 2022.
[9] D. A. Rusanty, H. Tolle, dan L. Fanani, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 11, hal. 10484–10493, 2019.
[10] R. A. Bisma, L. Fanani, dan A. H. Brata, “Evaluasi dan Perbaikan User Interface Aplikasi Mobile GOBIS Suroboyo Bus berdasarkan Usability Testing menggunakan Metode Design Thinking,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 10, hal. 4591–4601, 2021, [Daring]. Tersedia pada: http://j-ptiik.ub.ac.id.
Copyright (c) 2023 Mentari Hasibuan, Khoirunnisa Hamidah, Azhari Ali Ridha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.