ANALISIS USER EXPERIENCE APLIKASI OJEK ONLINE MAXIM DENGAN MODEL HCI

  • Lya Mulyadi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ika Fitrianti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Azhari Ali Ridha Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Ojek online merupakan salah satu bentuk dari perkembangan teknologi yang sudah marak di Indonesia. pada pengembangan aplikasinya pun, sudah banyak start up yang memiliki layanan dengan keunggulan mereka masing-masing. salah satu layanan ojek online yangmulai banyak diminati ini adalah Maxime. Penggunaan aplikasi ini juga pasti tidak terlepas dari tampilan user interface yang dapat membantu pengguna dengan maksimal. Dalam salah satu aplikasi yang menawarkan kemudahan untuk melaksanakan layanan ojek online ini, masih memiliki beberapa kekurangan pada user interface yang diberikan. Pada jurnal ini, akan dijelaskan apa saja yang memiliki kekurangan dan yang perlu untuk dapat memaksimalkan tampilan dari user interface pada aplikasi Maxime dengan menggunakan model pendekatan HCI dan metode kuisioner untuk dapat mengumpulkan serta menyimpulkan kebutuhan pengguna dan calon pengguna. Peneliti memfokuskan pada beberapa prinsip dari desain interface itu sendiri seperti Eficiency, Consistency, Ese of Use, User compability, ease of learning.

Kata Kunci: Aplikasi, User interface, Ojek Online, HCI

References

[1] L. H. Annisa and Y. H. C. Pratama, “Implementasi Paradigma Interaksi Manusia & Komputer Pada di Era Society 5.0: Systematic Literature Review,” Technol. Informatics Insight J., vol. 1, no. 2, pp. 66–74, 2022.
[2] P. Prihati, M. Mustafid, and S. Suhartono, “Penerapan Model Human Computer Interaction (HCI) Dalam Analisis Sistem Informasi,” J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 1, no. 1, 2011, doi: 10.21456/vol1iss1pp01-08.
[3] M. L. Khakim, O. O. Sharif, S. Prodi, M. Bisnis, F. Ekonomi, and U. Telkom, “ANALISIS USER EXPERIENCE APLIKASI GO-JEK MENGGUNAKAN HEART METRICS ANALYSIS USER EXPERIENCE OF GO-JEK APPLICATIONS T ujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat user experience aplikasi GO-JEK .,” e-Proceeding Manag., vol. 5, no. 1, pp. 189–194, 2018.
[4] A. N. Annisa, L. Suwandari, and P. H. Adi, “ANALISIS PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE, USER EXPERIENCE, DAN HAMBATAN BERPINDAH TERHADAP MINAT BELI ULANG (Studi Pada Konsumen Go-Jek Di Kota Purwokerto),” Sustain. Compet. Advantage-9, vol. 9, no. 1, pp. 361–372, 2019.
[5] M. Irsan, “Rancang Bangun Aplikasi Mobile Notifikasi Berbasis Android Untuk Mendukung Kinerja Di Instansi Pemerintahan,” J. Penelit. Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 115–120, 2015, [Online]. Available: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/view/9984/9752
[6] S. Surahman and E. B. Setiawan, “Aplikasi Mobile Driver Online Berbasis Android Untuk Perusahaan Rental Kendaraan,” J. Ultim. InfoSys, vol. 8, no. 1, pp. 35–42, 2017, doi: 10.31937/si.v8i1.554.
Published
2023-07-31
How to Cite
Mulyadi, L., Fitrianti, I., & Ridha, A. (2023). ANALISIS USER EXPERIENCE APLIKASI OJEK ONLINE MAXIM DENGAN MODEL HCI. Dinamik, 28(2), 79-84. https://doi.org/10.35315/dinamik.v28i2.9368
Section
Articles