IMPLEMENTASI METODE SERVQUAL UNTUK PENILAIAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN AKADEMIK – STUDI KASUS UNISNU JEPARA

  • Joko Minardi
  • Heru Saputro
  • Jihan Farichah
  • Sugiyamta Sugiyamta Universitas Stikubank Semarang

Abstract

Pengolahan data hasil survei kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik yang dilakukan LPM saat ini dirasa masih memiliki banyak keterbatasan dan melewati beberapa proses Panjang, dalam  mengumpulkan data survei mahasiswa, masih dilakukan sendiri sendiri dengan menggunakan framework yang berbeda beda. Tujuan penelitian yaitu pembuatan sistem informasi yang mengimplemenatasikan metode servqual untuk penilaian kepuasan­ mahasiswa unisnu terhadap pelayanan akademik. Sumber data dari hasil kuesioner mahasiswa TA.2020 berjumlah 4.433 dan hasil implementasi menggunakan perhitungan slovin 100 sampel data. Metode Service Quality diperoleh rata-rata dari nilai 5 aspek yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan nyata, dengan predikat PUAS dan hasil pengujian perangkat lunak (black box testing) dan ISO 9126 sangat layak untuk digunakan. Hasil sistem yang telah dibangun mempercepat admin mengolah data kuisioner penilaian sesuai dengan kriteria dengan banyak kemudahan yang di hasilkan oleh aplikasi ini.

References

[1] A. Mayasari, Y. Supriani, and O. Arifudin, “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 5, pp. 340–345, 2021, doi: 10.54371/jiip.v4i5.277.
[2] A. Akbar and N. Noviani, “Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Progr. Pascasarj. Univ. Pgri Palembang, vol. 2, no. 1, pp. 18–25, 2019.
[3] V. Nurcahyawati, “Analisis Kepuasan Pengguna Layanan dengan Metode Service Quality Berbasis Web,” Jurnal Sistem Informasi Indonesia (JSII), vol. 3, no. 2018. pp. 1–11, 2018.
[4] Y. Septiani, E. Aribbe, and R. Diansyah, “ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SEVQUAL (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru),” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 3, no. 1, pp. 131–143, 2020, doi: 10.36378/jtos.v3i1.560.
[5] A.Winata, N. Benny, S. Informasi, K. Dan, and A. Siska, “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap,” Anal. TINGKAT KEPUASAN Mhs. TERHADAP Sist. Inf. Keuang. DAN Akad. IIB DARMAJAYA Andri, vol. 02, no. 01, p. 1 of 16, 2019.
[6] F. Ariani, E. Trisnasari, Y. Aprilinda, and F. N. Affandi, “Aplikasi Berbasis Web Metode Servqual Untuk Mengukur Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Laboratorium Komputer,” Expert J. Manaj. Sist. Inf. dan Teknol., vol. 8, no. 2, 2018, doi: 10.36448/jmsit.v8i2.1112.
[7] N. Luh, A. Kartika, Y. Sarja, S. B. Jalan, and R. Puputan, “Pengukuran Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Dosen Menggunakan Metode Servqual,” J. Sist. Daninformatika, vol. 12, no. 2, pp. 15–25, 2018.
[8] Z. Rahmiati, I. G. P. S. Wijaya, and B. Irmawati, “Sistem Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar pada PSTI Unram dengan Menggunakan Metode Service Quality,” J. Teknol. Informasi, Komputer, dan Apl. (JTIKA ), vol. 1, no. 1, pp. 31–40, 2019, doi: 10.29303/jtika.v1i1.17.
[9] U. Teisnajaya, “Sistem Penilaian Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Tingkat Fakultas Menggunakan Metode Service Quality (Servqual) Pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sumatera Selatan,” J. Sist. Inf., vol. 2, no. 2, p. 173, 2021.
[10] S. Satria, “Analisis Sistem Informasi Mengukur Kepuasan Pelayanan Pelanggan Dengan Metode Servqual,” Kilat, vol. 8, no. 1, pp. 52–64, 2019, doi: 10.33322/kilat.v8i1.425.
[11] Novendri, “Pengertian Web,” Lentera Dumai, vol. 10, no. 2, pp. 46–57, 2019.
[12] Y. Susanto and M. Tarigan, “SINTAMA : Jurnal Sistem Informasi , Akuntansi dan Manajemen Pengukuran Dan Pendataan Zat Cair Toluene Dengan Akses Rfid Berbasis Nodemcu Esp8266 Yang Termonitor Melalui Web Hal ini dikarenakan dengan adanya suatu sistem pendataan data pada suatu perusahaa,” vol. 2, no. 3, 2022.
[13] J. Winanjar and D. Susanti, “Rancangan Bangunan Sistem Informasi Administrasi desa Berbasis web menggunakan PHP dan MySQL,” Pros. Semin. Nas. Apl. Sains Teknol., pp. 97–105, 2021.
[14] R. Hormati, S. Yusuf, and M. Abdurahman, “Sistem informasi Data Poin Pelanggaran Siswa Menggunakan Metode Prototyping Berbasis Web Pada SMA Negeri 10 Kota,” J. Ilm. Ilk. - Ilmu Komput. Inform., vol. 4, no. 2, pp. 93–103, 2021, doi: 10.47324/ilkominfo.v4i2.128.
[15] Y. S. Novitasari, Q. J. Adrian, and W. Kurnia, “Rancang Bangun Sistem Informasi Media Pembelajaran Berbasis Website (Studi Kasus: Bimbingan Belajar De Potlood),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 136–147, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
[16] S. Wibowo and N. Muflihah, “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Servqual Di Sanjaya Fitnes Jombang,” J. Penelit. Bid. Inov. Pengelolaan Ind., vol. 1, no. 2, pp. 61–68, 2022, doi: 10.33752/invantri.v1i2.2324.
[17] D. AMELIA, “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” vol. 12, no. 1, pp. 86–107, 2021.
[18] B. Setyaleksana, S. Suharyono, and E. Yulianto, “Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan GraPARI Telkomsel di Kota Malang),” J. Adm. Bisnis S1 Univ. Brawijaya, vol. 46, no. 1, pp. 45–51, 2017.
[19] S. Masyita, “Kepuasan Mahasiswa Ditinjau dari Kualitas Pelayanan Akademik dan Non Akademik (Studi Pada Program Studi Manajemen STIEM Bongaya),” J. Brand, vol. 2, no. 1, 2020, [Online]. Available: https://forlap.ristekdikti.go.id
[20] Y. Prananda, D. R. Lucitasari, and M. S. Abdul Khannan, “Penerapan Metode Service Quality (Servqual) Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Pelanggan,” Opsi, vol. 12, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.31315/opsi.v12i1.2827.
[21] S. M. Widodo and J. Sutopo, “Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business to Customer,” J. Inform. Upgris, vol. 4, no. 1, pp. 38–45, 2018.
[22] R. K. Umam and N. P. Hariastuti, “Dan Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Dan Importance Performance Analysis (IPA),” J. ITATS (Institut Teknol. Ahdi Tama Surabaya), pp. 339–344, 2018, [Online]. Available: https://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/366
Published
2023-02-24
How to Cite
Minardi, J., Saputro, H., Farichah, J., & Sugiyamta, S. (2023). IMPLEMENTASI METODE SERVQUAL UNTUK PENILAIAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN AKADEMIK – STUDI KASUS UNISNU JEPARA. Dinamik, 28(1), 45-52. https://doi.org/10.35315/dinamik.v28i1.9204
Section
Articles