REVIEW ANTARMUKA (INTERFACE) WEBSITE GARUDA INDONESIA MENGGUNAKAN EVALUASI HEURISTIC
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk melakukan review terhadap interface aplikasi berbasis website milik PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk. Review yang dilakukan menggunakan metode evaluasi interaksi manusia dan komputer metode evaluasi heuristic. Metode ini dikenalkan oleh Nielsen dan Molich (1990) melalui 10 prinsipnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan desain atau perancangan interface dan usability (kemudahan pengguna) aplikasi berbasis website PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk telah memenuhi 10 prinsip metode evaluasi heuristic kecuali pada kekonsistenan bahasa yang digunakan pada website, namun kekurangan tersebut masih dapat diperbaiki.
References
[2] J. Nielsen and R. Molich, “Heuristic Evaluation of User Interfaces,” CHI ’90 Proc., pp. 249–256, 1990.
[3] M. Bahariyani and I. S. Widiati, “Analisis Desain Antarmuka Portal Pembelajaran Online Menggunakan Evaluasi Heuristik,” J. IT CIDA, vol. 6, no. 1, pp. 10–20, 2020.
[4] A. Ikhwan, Interaksi Manusia dan Komputer. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2020.
[5] P. Jennifer and H. Y. Rogers, Interaction Design Beyond Human-Computer Interaction. United Kingdom: John Wiley & Sons, Inc., 2002.
[6] T. K. Ahsyar and S. Husna, “Evaluasi Usability Sistem Informasi Akademik SIAM Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” Semin. Nas. Teknol. Informasi, Komun. dan Ind., 2019.
[7] Y. M. Geasela, P. Ranting, and J. F. Andry, “Analisis User Interface terhadap Website Berbasis E-Learning dengan Metode Heuristic Evaluation,” J. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 270–277, 2018.
[8] J. Dalle, A. A. Mutalib, N. Shaari, and S. N. A. Salam, Pengantar Interaksi Manusia dan Komputer. Depok: Rajawali Pers, 2019.
[9] N. Hidayati, Interaksi Manusia Komputer. Jakarta: Bina Sarana Informatika Jakarta, 2017.
[10] A. Ridwan, “Pengukuran Usability Aplikasi Menggunakan Evaluasi Heuristik,” J. Inf. Komput., vol. 12, pp. 218–228, 2007.
[11] Z. A. Hasibuan, “Metodologi Penelitian pada Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Konsep, Teknik dan Aplikasi,” in Desain Penelitian, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2007, p. 81.
[12] PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, “Garuda Indonesia,” 2021. https://www.garuda-indonesia.com/id/id/index (accessed Feb. 28, 2022).
[13] A. Ridwan, “Pengukuran Usability Aplikasi Menggunakan Evaluasi Heuristik,” J. Inform. Komput., vol. 3, no. 12, 2007.
Copyright (c) 2023 Aji Priyambodo, Siska Narulita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.