REVIEW ANTARMUKA (INTERFACE) WEBSITE GARUDA INDONESIA MENGGUNAKAN EVALUASI HEURISTIC

  • Aji Priyambodo Institut Teknologi dan BIsnis Semarang
  • Siska Narulita Institut Teknologi dan BIsnis Semarang
  • Prihati Prihati Institut Teknologi Bisnis Semarang
  • Teguh Khristianto Universitas Stikubank

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk melakukan review terhadap interface aplikasi berbasis website milik PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk. Review yang dilakukan menggunakan metode evaluasi interaksi manusia dan komputer metode evaluasi heuristic. Metode ini dikenalkan oleh Nielsen dan Molich (1990) melalui 10 prinsipnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan desain atau perancangan interface dan usability (kemudahan pengguna) aplikasi berbasis website PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk telah memenuhi 10 prinsip metode evaluasi heuristic kecuali pada kekonsistenan bahasa yang digunakan pada website, namun kekurangan tersebut masih dapat diperbaiki.

References

[1] P. Savitri and M. Ispani, “Review Desain Interface Aplikasi Sopppos Menggunakan Evaluasi Heuristik,” J. SIMETRIS, vol. 6, no. 1, pp. 95–100, 2015.
[2] J. Nielsen and R. Molich, “Heuristic Evaluation of User Interfaces,” CHI ’90 Proc., pp. 249–256, 1990.
[3] M. Bahariyani and I. S. Widiati, “Analisis Desain Antarmuka Portal Pembelajaran Online Menggunakan Evaluasi Heuristik,” J. IT CIDA, vol. 6, no. 1, pp. 10–20, 2020.
[4] A. Ikhwan, Interaksi Manusia dan Komputer. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2020.
[5] P. Jennifer and H. Y. Rogers, Interaction Design Beyond Human-Computer Interaction. United Kingdom: John Wiley & Sons, Inc., 2002.
[6] T. K. Ahsyar and S. Husna, “Evaluasi Usability Sistem Informasi Akademik SIAM Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” Semin. Nas. Teknol. Informasi, Komun. dan Ind., 2019.
[7] Y. M. Geasela, P. Ranting, and J. F. Andry, “Analisis User Interface terhadap Website Berbasis E-Learning dengan Metode Heuristic Evaluation,” J. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 270–277, 2018.
[8] J. Dalle, A. A. Mutalib, N. Shaari, and S. N. A. Salam, Pengantar Interaksi Manusia dan Komputer. Depok: Rajawali Pers, 2019.
[9] N. Hidayati, Interaksi Manusia Komputer. Jakarta: Bina Sarana Informatika Jakarta, 2017.
[10] A. Ridwan, “Pengukuran Usability Aplikasi Menggunakan Evaluasi Heuristik,” J. Inf. Komput., vol. 12, pp. 218–228, 2007.
[11] Z. A. Hasibuan, “Metodologi Penelitian pada Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Konsep, Teknik dan Aplikasi,” in Desain Penelitian, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2007, p. 81.
[12] PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, “Garuda Indonesia,” 2021. https://www.garuda-indonesia.com/id/id/index (accessed Feb. 28, 2022).
[13] A. Ridwan, “Pengukuran Usability Aplikasi Menggunakan Evaluasi Heuristik,” J. Inform. Komput., vol. 3, no. 12, 2007.
Published
2023-02-24
How to Cite
Priyambodo, A., Narulita, S., Prihati, P., & Khristianto, T. (2023). REVIEW ANTARMUKA (INTERFACE) WEBSITE GARUDA INDONESIA MENGGUNAKAN EVALUASI HEURISTIC. Dinamik, 28(1), 1-12. https://doi.org/10.35315/dinamik.v28i1.8989
Section
Articles