PENCARIAN RUTE TERDEKAT SANGGAR TARI MENGGUNAKAN ALGORITMA FLOYD WHARSHALL DI WILAYAH SOLO DAN SEMARANG

  • Wibowo Wicaksono Universitas Dian Nuswantoro
  • Suryaningtyas Rahayu Universitas Dian Nuswantoro
  • Suprayogi Suprayogi Universitas Dian Nuswantoro
  • Edi Sugiarto Universitas Dian Nuswantoro
  • Ardytha Luthfiarta Universitas Dian Nuswantoro

Abstract

Sanggar tari merupakan sarana melakukan aktivitas berkesenitarian oleh sekelompok orang yang meliputi pelestarian, penelitian, dan kerjasama. Sanggar tari sangat diperlukan kehadirannya oleh masyarakat, seniman, dan pemerintah sebagai sarana untuk menumbuh kembangkan kesenian tari di Indonesia. Dengan upaya pemerintah dan seniman di Indonesia untuk melestarikan tari tradisional tersebut masyarakat terutama generasi muda lebih banyak berminat pada kesenian tari modern. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, pengaksesan informasi dapat dilakukan dimana dan kapan saja dengan media internet, baik menggunakan perangkat komputer, mobile device sehingga informasi yang dibutuhkan dapat diakses dengan cepat. Penelitian ini mengusulkan pembuatan aplikasi yang digunakan untuk mengakses informasi lokasi sanggar tari. Algoritma Floyd-Warshall digunakan untuk menentukan rute terdekat pada lokasi sanggar-sanggar tari.

 

References

Amiral, M., 2010. Aplikasi Pengingat Shalat dan Arah Kiblat Berdasarkan Global Positioning System (GPS) Berbasis Android 1.6. Tugas Akhir Program Studi Teknik Informatika.
Dewi, L. J. E., 2010. PENCARIAN RUTE TERPENDEK TEMPAT WISATA DI BALI DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi.
Group, P., 2014. PHP: Hypertext preprocessor. [Online]
Available at: http://php.net/
HM, J., 2006. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI.
Hofmann, W., Bernhard, H. L. & Collins, J., 2012. Global positioning system: theory and practice. s.l.:Springer Science & Business Media.
Informasi, B. K., 2013. Pengguna Internet di Indonesia. [Online]
Available at: https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker
Irwansyah, E., 2013. Sistem informasi geografis: prinsip dasar dan pengembangan aplikasi. Yogyakarta: DigiBook.
Murya, Y., Jakarta. Pemrograman Android Black Box. Dalam: s.l.:Jasakom.
Novandi, R. A. D., 2013. Perbandingan Algoritma Dijkstra dan Algoritma Floyd-Warshall dalam Penentuan Lintasan Terpendek (Single Pair Shortest Path). Strategi Algoritmik.
Pressman, R. S., 2015. Software Engineering: A Practioner's Approach, Eighth Edition. New York: s.n.
Safaat, N., 2012. Android (Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android). Bandung: Informatika.
Sanara, A., 2010. Metode Pengenalan Tari Tradisional Jawa Berbasis Multimedia pada Sanggar Tari Ndalem Pujokusuman Yogyakarta. Skripsi.
Saputra, R., 2011. SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENCARIAN RUTE OPTIMUM OBYEK WISATA KOTA YOGYAKARTA DENGAN ALGORITMA FLOYD-WARSHALL.
Tondo, H., 2009. Kepunahan Bahasa-Bahasa Daerah: Faktor Penyebab dan Implikasi Etnolinguistis. Dalam: Jurnal Masyarakat dan Budaya. s.l.:s.n
Published
2019-07-15
How to Cite
Wicaksono, W., Rahayu, S., Suprayogi, S., Sugiarto, E., & Luthfiarta, A. (2019). PENCARIAN RUTE TERDEKAT SANGGAR TARI MENGGUNAKAN ALGORITMA FLOYD WHARSHALL DI WILAYAH SOLO DAN SEMARANG. Dinamik, 24(2), 69-81. https://doi.org/10.35315/dinamik.v24i2.7768
Section
Articles