IMPLEMENTASI METODE FIRST IN FIRST OUT (FIFO) UNTUK ANALISA SISTEM ANTRIAN PENGADUAN PELANGGAN INTERNET SERVICE PROVIDER (ISP)
Abstract
Pengaduan sering menjadi salah satu permasalahan di perusahaan yang sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawan dan perusahaan. Kurangya perhatian terhadap masalah yang terjadi diperusahaan, baik itu masalah kecil atau besar sangat memprihatinkan. Pada masa sekarang dengan semakin canggihnya teknologi permasalahan seperti pengaduan keluhan dapat diselesaikan dan diproses secara cepat. Untuk membantu konsumen yang mengalami masalah dan mengutarakan keluhannya melalui pengaduan. Maka dari itu dibuatlah Queue System Pengaduan Pelanggan Internet Service Provider (ISP) Menggunakan Metode First In First Out (FIFO) yang bertujuan untuk memudahkan pelanggan untuk melakukan pengaduan dan menyampaikannya kepada perusahaan. Sistem ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Hasil dari penelitian ini adalah Sistem antrian pengaduan (Queue System) yang dapat memproses pengaduan pelanggan.
References
Aji, Dwi N, I. H. Al Amin. (2018) Aplikasi CRM Pada Anto Stationery Dengan Metode First In First Out Berbasis Web Mobile, ISBN: 978-602-8557-20-7
Arief M Rudianto. 2011. Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. C.V ANDI OFFSET. Yogyakarta.
Arman Hakim Nasution. 2006. Manajemen Industri. Yogyakarta: Andi Offset.
Booch, G. James, R. Ivar, J, 2005. The Unified Modeling Language User Guide Second Edition. United State: Addison Wesley Professional
Bell, S., & Luddington ,J. (2006) Coping With Customer Complaints. Journal Of Service Research.
Davis, G.B. 1991. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian 1. Jakarta: PT Pustaka Binamas Pressindo
Efendi, Januar P, Lili A.Yuliati. (2016) Pengaruh Kualitas Terhadap Pelayanan Pada JNE Cabang Bandung, Bandung, September.
Firmansyah, Cahya, Tohir, Cucu.S. (2018) Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat Lingkup Desa Gunung Tanjung Berbasis Web Dan SMS Gateway Dengan Metode Antrian FIFO, Tasikmalaya, PISSN: 2613-9138 – EISSN : 2613-9146.
Greenberg, P. 2010. Customer Relationship Management as the Speed of Light: Fourth Edition McGraw-Hill.
Hasan, Irmayanti. (2011) Model Optimasi Pelayanan Nasabah Berdasarkan Metode Antrian (Queuing System), Malang, Januari.
Heizer, Jay dan Rander, Barry. 2006. Manajemen Operasi (Edisi Ketujuh). Salemba Empat, Jakarta.
Hendrik, I.D.W. (2017) Sistem Informasi Pembayaran SPP pada SMK Pawyatan Daha 3 Kediri, Kediri, 14 Agustus 2017.
Indrajani. 2011. Perancangan Basisdata dalam All in 1, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Indrajit, 2001, Analisis dan Perancangan Sistem Berorientasi Object. Bandung, Informatika