IMPLEMENTASI ALGORITMA RANDOM PADA PERMAINAN KETANGKASAN
Abstract
Permainan telah merambah berbagai usia, mulai dari usia muda hingga dewasa. Permainan merupakan salah satu mediasi perantara dalam olah tubuh, baik fikiran maupun fisik, bahkan sudah merambah kombinasi keduanya. Berbagai jenis permainan telah banyak dikembangkan diantaranya permainan berbasis perangkat komputer, perangkat gawai, hingga olahraga.
Pada implementasi permainan khususnya pada olahraga bisa dikembangkan berdasarkan kebutuhan dan suasana. Pada kesempatan ini tim mencoba melakukan rancang bangun perangkat permainan guna mendukung dan melatih ketangkasan penggunanya. Perangkat berbasis mikrokontroler ini menggunakan modul Arduino Nano sebagai pengolah utamanya, dan menempatkan algoritma pengacakan secara otomatis dengan menggunakan visualisasi berupa LED. Masukan sistem berupa respon yang dihasilkan dari sensor penghalang inframerah.
Algoritma pengacakan akan melakukan visualisasi secara acak dan beragam, setelah memperoleh respon dari penggunanya. Simulator sistem permainan ini terdiri dari 7 kombinasi masukan sensor penghalang inframerah dan 7 keluaran visualnya. Sistem telah berhasil merespon secara realtime dan algoritma pengacakan dapat menghasilkan keragaman visualisasi luarannya sesuia dengan yang diharapkan.
References
E., Nurraharjo, 2012, ”Terminal Port Komputer sebagai Perantara Pemrograman Bahasa Tingkat Tinggi”, Dinamik-Jurnal Teknologi Informasi.
E., Nurraharjo, 2012, ”Implementasi Image Statistic Method pada Pengolahan Citra Digital”, Dinamik- Jurnal Teknologi Informasi
E., Nurraharjo, 2013, ” Rangkaian Pembangkit Gelombang dengan menggunakan IC XR-2206”, Dinamik-Jurnal Teknologi Informasi.
Z., Budiarso, EN Raharjo, V Lusiana, 2006, Laporan Penelitian, “Sistem Kendali Terpadu dengan Menggunakan Metode Octal Bus Transceiver with Non Inverting 3 State Output”