IMPLEMENTASI NAÏVE BAYES UNTUK KLASIFIKASI VENTING NEGATIF FEELINGS TERHADAP PENYEDIA JASA KOMUNIKASI PADA MEDIA SOSIAL TWITTER

  • Heribertus Yulianton Universitas Stikubank
  • Felix Andreas Sutanto Universitas Stikubank
  • Kristophorus Hadiono Universitas Stikubank

Abstract

Kesan masyarakat terhadap suatu penyedia jasa layanan komunikasi dapat dianalisa melalui respon mereka. Salah satu media yang dapat digunakan untuk mendapatkan kesan tersebut adalah media sosial twitter. Seiring dengan perkembangan Internet, saat ini WoM telah berkembang menjadi electronic word-of-mouth. Electronic  Word  of  Mouth  (e-WoM)  communication  merujuk  pada  pernyataan  positif  atau  negatif  dari pelanggan potensial, pelanggan aktual atau mantan pelanggan mengenai suatu produk atau perusahaan via internet. Salah satu motif dalam e-Wom adalah Venting Negative Feelings, yaitu keinginan mengungkapkan ketidakpuasan konsumen terhadap produk atau perusahaan.

Penelitian ini akan menganalisa percakapan tentang venting negative feelings pada media sosial twitter. Untuk mendapatkan data  dari  twitter akan  mengunakan  bahasa  R  yang  telah  menyediakan library untuk mengaksesnya. Hasil penelitian ini berupa data motif e-wom Venting Negative Feelings yang dapat digunakan sebagai pendukung keputusan pengguna internet dalam memilih penyedia jasa layanan internet yang baik.

References

Hasan, A, 2010, Marketing dari Mulut ke Mulut. MedPress, Yogyakarta.
Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G. and Gremler, D.D. 2004. Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: what motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing. Vol. 18 No. 1 2004: 38-52.
Rita, Karyana Hutomo dan Natalia, 2013, Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Foursquare: The New
Social Media, Binus Business Review Vol. 4 No. 2 November 2013: 711-724.
Faisal, M Reza, 2016, Data Science Klasifikasi Dengan Bahasa Pemrograman R, INDC, Banjarmasin.
Published
2017-07-31
How to Cite
Yulianton, H., Sutanto, F., & Hadiono, K. (2017). IMPLEMENTASI NAÏVE BAYES UNTUK KLASIFIKASI VENTING NEGATIF FEELINGS TERHADAP PENYEDIA JASA KOMUNIKASI PADA MEDIA SOSIAL TWITTER. Dinamik, 22(2), 73-78. https://doi.org/10.35315/dinamik.v22i2.7109
Section
Articles