RANCANGAN DASHBOARD KINERJA LAYANAN PASIEN RUMAH SAKIT

  • Agus Prasetyo Utomo Universitas Stikubank
  • Novita Mariana Universitas Stikubank
  • Rara Sri Artati Rejeki Universitas Stikubank

Abstract

Manajemen rumah sakit perlu melakukan monitoring dan pengukuran secara terus-menerus terhadap kinerja layanan pasien untuk memastikan ketercapaian tujuan yang telah ditetapkan. Proses monitoring kinerja memerlukan data dan informasi yang didapatkan dari umpan balik pasien terhadap layanan dokter dan perawat. Hasil monitoring kinerja selanjutnya akan disampaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, secara efisien dan efektif. Performance Dashboard merupakan alat untuk menyajikan informasi secara sekilas . Dashboard menginformasikan Key Performance Indicators (KPI) dengan menggunakan media penyajian yang efektif. KPI yang digunakan dalam pembangunan Dasboard adalah kuesioner tingkat kepuasan layanan pasien terhadap dokter dan perawat. Penelitian ini lebih menitikberatkan bagaimana rancangan dashboard ini bisa memberikan kemudahan informasi terhadap manajemen rumah sakit untuk memonitor dan mengevaluasi capaian kinerja layanan pasien.

References

Cooper, D.R. , Emory, C.W., 1996. Metode Penelitian Bisnis, Erlangga.
Eckerson, W., 2005. Deploying Dashboard and Scorecards, TDWI Best Practices Report.
Eckerson, W., 2006. Performance Dashboards: Measuring, Monitoring, and Managing Your Business.New Jersey:John Wiley & Sons.
Few, S., 2006. Information Dashboard Design, O’Reilly; ISBN: 0-596-10016-7.
Golfarrelli, M. 2005. New Trends in Business Intelligence. Proceedings of the 1st International Symposium on Business Intelligent Systems, Opatija, Croatia, 15-26.
Gonzales, Tom. 2006, Dashboard Design: Key Performance Indicators & Metrics - Choosing the Right Data to Display, BrightPoint Consulting, Inc.
Gregory S, Nelson. 2010. The Healthcare Performance Dashboad: Linking Strategy to Metrics. SAS Global Forum 2010. Thotwave Technologiws, Chapel Hill, North Carolina.
Harel, E.C., Sitko, T.D., 2003. Buletin Center For Applied Research, Volume 2003, issue 19, September 16, 2003.
Malik, Shadan. 2005. Enterprise Dashboards - Design and Best Practices for IT. John Wiley & Sons, Inc.
Mettler, Tobias; & Vimarlund, Vivian.. 2008. Understanding Business Intelligence in the Context of Helath Care, Proceedings of the 13th International Symposium on Health Information Management Research - ISHIMR.
Mihaela I.Muntean, Diana-Alexandra Tarnaveanu, dan Anca Paul. BI Approach for Business Performance. Proceedings of the 5th WSEAS International on Economy and Management Trasformation (Volume II)
Starmer, John; & Giuse, Dario. 2008, A Real-time Ventilator Management Dashboard: Toward Hardwiring Comliance with Evidence-based Guidelines. AMIA 2008 Symposium Proceedings. Vanderbilt University Medical Center, Nashville,TN.
Wibisono, P.h.D, Dermawan, 2006, Manajemen Kinerja: Konsep Desain dan Teknik Meningkatkan Daya Saing Perusahaan, Bandung, Erlangga.
Published
2017-07-31
How to Cite
Utomo, A., Mariana, N., & Rejeki, R. (2017). RANCANGAN DASHBOARD KINERJA LAYANAN PASIEN RUMAH SAKIT. Dinamik, 22(2), 57-66. https://doi.org/10.35315/dinamik.v22i2.7107
Section
Articles