IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI DAN ALGORITMA ECLAT PADA AHASS AKMAL JAYA PURWODADI

  • Sulastri Sulastri Universitas Stikubank
  • Eri Zuliarso Universitas Stikubank
  • Yunus Anis Universitas Stikubank

Abstract

Bengkel AHASS Akmal Jaya Motor Purwodadi adalah salah satu bengkel resmi honda yang berada di Kecamatan Danyang Kabupaten Purwodadi. Pemilik Ahass Akmal Jaya Motor terkadang mengalami kesulitan untuk mengetahui seberapa banyak suku cadang dan jasa yang telah terjadi dalam satu transaksi, sehingga pemilik masih manual/spekulasi dalam pembelanjaan suku cadang.

Implementasi Data Mining pada AHASS Akmal Jaya ini bisa menghasilkan rules/aturan asosiatif yang bisa dilihat dan dianalisis hasilnya menggunakan algoritma apriori dan algoritma eclat, sehingga pemilik bisa melihat seberapa tinggi frekuensi suku cadang dan jasa apa saja yang sering terjadi.

Maka dari itu, dilakukan analisis dan pengujian, diharapkan bisa memberikan informasi mengenai pola transaksi dan mengetahui jasa dan suku cadang apa yang sering muncul dari AHASS Akmal Jaya Motor. Sehingga bisa membantu pemilik dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian suku cadang apa saja yang perlu dibeli.

References

Budiman, Aprisal. 2015 .Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk Di PT Focus Gaya Graha Menggunakan Metode Association Rule
Charu C Aggarwal, 2015, Data Mining The Texbook, New York, Springer.
Jiawei Han dan Micheline Kamber dan Jian Pei, 2012, Data Mining Concepts and Techniques, New York, Morgan Kaufmann Publisher.
Ian H Witten dan Eibe Frank dan Mark A Hall, 2011, Data Mining Practical Machine Learning Tools and Techniques, Burlington MA 01803 USA , Morgan Kaufmann Publishers is an imprint of Elsevier 30 Corporate Drive, Suite 400.
Kusrini, dan Emha Taufik Luthfi. 2009, Algoritma Data Mining, Penerbit Andi,Yogyakarta.
Nur Rosyid Mubtada’I, Mike Yuliana, Beni Ilham Priyambodo, 2011, Analisa Perbandingan Clustering Metode Manual Dan Metode Single Linkage Untuk Menentukan Kinerja Agent Pada Call Centre Berbasis Asterisk For Java, Electronic Engineering Polytechnic Institute of Surabaya (EEPIS), Surabaya Indonesia.
Turban , Efraim & Aronson, Jay E. 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems. 6th edition. Prentice Hall: Upper Saddle River, NJ.
Toomey, Dan. 2014. R for Data Science - R Data Science Tips, Solutions and Strategies, Packt Publishing.
http://datamining.japati.net/cgi-bin/indodm.cgi
https://www.r-project.org/about.html diakses 25 Juli 2017
https://id.wikipedia.org/api/rest_v1/page/pdf/Diagram_alir diakses 26 Juli 2017
Published
2017-01-30
How to Cite
Sulastri, S., Zuliarso, E., & Anis, Y. (2017). IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI DAN ALGORITMA ECLAT PADA AHASS AKMAL JAYA PURWODADI. Dinamik, 22(1), 50-56. https://doi.org/10.35315/dinamik.v22i1.7105
Section
Articles