ANALISA ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) PADA MEDIA SOSIAL TWITTER

  • Heribertus Yulianton
  • Felix Andreas Sutanto Universitas Stikubank
  • Kristophorus Hadiono Universitas Stikubank

Abstract

E-WOM adalah pernyataan positif atau negatif yang dibuat oleh konsumen potensial, konsumen aktual, dan konsumen terdahulu tentang produk atau perusahaan melalui internet. Salah satu media yang dapat digunakan untuk mendapatkan pernyataan tersebut adalah media sosial twitter. Media sosial dapat digunakan untuk mendapatkan respon secara jujur karena biasanya orang tidak akan merasa sungkan untuk mengungkapkan perasaannya secara tidak langsung.

Penelitian ini akan menganalisa ada atau tidaknya pernyataan e-WOM terhadap penyedia jasa layanan internet. Metode yang dilakukan terdiri dari tiga kegiatan, yang pertama adalah mengambil cuitan pengguna twitter yang mengandung kata yang berhubungan dengan penyedia jasa layanan internet. Kegiatan kedua adalah persiapan data untuk training. Yang ketiga adalah menganalisa e-wom dengan metode knn dan bahasa pemrograman R.

Hasil penelitian ini berupa data motif e-wom Venting Negative Feelings dan Extraversion / Positive Self-Enhancement. Data tersebut dapat digunakan sebagai pendukung keputusan pengguna internet dalam memilih penyedia jasa layanan internet yang baik.

References

Diartono, DA, 2012, Membangun Model Cyber Cluster Partisipatif Dalam Usaha Memasarkan Secara Online Produk Unggulan UMKM Dan Menarik Investor Di Kabupaten Kendal, Hibah Bersaing, DIKTI.
Galih, ST, dkk., 2011, Rancang Bangun Portal E-Commerce Semarang Handycraft Berorientasi Obyek, Thesis, Magister Sistem Informasi, UNDIP. Hasan, A, 2010, Marketing dari Mulut ke Mulut. MedPress, Yogyakarta
Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G. and Gremler, D.D. 2004. Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: what motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing. Vol. 18 No. 1 2004: 38-52.
Rita, Karyana Hutomo dan Natalia, 2013, Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Foursquare: The New Social Media, Binus Business Review Vol. 4 No. 2 November 2013: 711-724
Published
2017-01-30
How to Cite
Yulianton, H., Sutanto, F., & Hadiono, K. (2017). ANALISA ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) PADA MEDIA SOSIAL TWITTER. Dinamik, 22(1), 11-22. https://doi.org/10.35315/dinamik.v22i1.7102
Section
Articles