Perancangan Model Pre Assesment Manajemen Kinerja Universitas Menggunakan Kriteria Malcolm Baldrige (Studi Kasus : Universitas Stikubank Semarang)

  • Agus Prasetyo Utomo Universitas Stikubank
  • Hari Murti Universitas Stikubank

Abstract

Visi misi tahun 2020 untuk menjadi perguruan tinggi kelas dunia membutuhkan upaya nyata
dari jajaran manajemen Universitas Stikubank untuk mewujudkanya, oleh karena itu perlu
diciptakan suatu kerjasama dari semua tingkat manajemen, dan stakeholder yang ada. Model
manajemen kualitas Malcolm Baldrige Education Criteria for Performance Excellence
(MBCfPE) mempunyai konsep dan prosedur yang menetapkan petunjuk dan kriteria yang
membantu perusahaan dalam mengevaluasi aktivitas perbaikan kualitas. Melalui pengukuran
kinerja dengan model MBCfPE ini, Universitas akan bisa melihat tingkat pencapaian di dalam
proses menuju perguruan tinggi kelas dunia. Pengembangan sebuah model pre assessment bagi
Universitas diharapkan dapat membantu memberikan sebuah gambaran awal sejauh mana
kesiapan Universitas dalam menerapkan manajemen kinerja kelas dunia. Hasil olah data
menunjukkan bahwa manajemen kinerja Universitas secara umum hasilnya cukup baik. Hal ini di
tunjukkan dengan nilai score sebesar 668,55 dari skala 1000. Nilai ini menunjukkan bahwa upaya
yang dilakukan oleh manajemen Universitas untuk memberikan jaminan mutu pada masyarakat
sudah cukup baik. Skor tersebut juga menunjukkan bahwa pendekatan tata kelola yang dilakukan
Universitas cukup sistematis, efektif, dan responsive. Hasil-hasil yang mengacu pada
persyaratan-persyaratan mahasiswa dan stakeholder lainya, pasar, dan proses operasional,
menunjukkan kinerja dan keunggulan yang baik. Untuk perbaikan kinerja Universitas perlu
dibuat solusi khusus untuk implementasi peningkatan kinerja dari tiap-tiap kategori yang
dirasakan kurang nilainya. Sementara itu untuk kategori yang nilainya sudah cukup baik masih
perlu untuk terus ditingkatkan. Universitas perlu membangun sistem manajemen kinerja yang
lebih baik kedepanya agar visi misi dan tujuan-tujuan strategis dimasa yang akan datang bisa
tercapai secara efektif dan eisien.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed