Penggunaan K-Means untuk Pengelompokan Berita pada Media Sosial

  • Sri Eniyati Universitas Stikubank
  • Rina Candra Noor Santi Universitas Stikubank
  • Edy Supriyanto Universitas Stikubank

Abstract

Media Sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah
berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.
Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh
masyarakat di seluruh dunia. Clustering merupakan suatu metode untuk mencari dan mengelompokkan
data yang memiliki kemiripan karakteriktik (similarity) antara satu data dengan data yang lain. Clustering
merupakan salah satu metodedata mining yang bersifat tanpa arahan (unsupervised).

References

Alsola, C., and F. Harrell. An Introduction to S
and The Hmisc and Design Libraries. 2006
Han,J. and Kamber,M. “Data mining: Concepts
and Techniques”Jhon Wiley & Sons, Inc,
2005.
Hartatik, “Pengelompokan Mahasiswa
Berdasarkan Nilai Ujian Nasional dan IPK
Menggunakan Metode K-Means”, Seminar
Nasional Informatika, 2014.
Johan Oscar Ong, "Implementasi Algoritma KMeans Clustering UntukMenentukan
Strategi Marketing President University,"
Jurnal Ilmiah TeknikIndustri, vol. 12, no. 1,
pp. 10-13, Juni 2013.
Larose, Daniel T, Data Mining Methods and
Models. Hoboken New Jersey: Jhon Wiley
& Sons, Inc, 2006.
Tedy Rismawan danSri Kusumadewi, "Aplikasi
K-Means Untuk PengelompokanMahasiswa
Berdasarkan Nilai Body Mass Index (BMI)
& Ukuran Kerangka"Seminar Nasional
Aplikasi Teknologi Informasi, Yogyakarta,
2008, pp. ISSN: 1907-5022
Published
2016-01-11
How to Cite
Eniyati, S., Santi, R., & Supriyanto, E. (2016). Penggunaan K-Means untuk Pengelompokan Berita pada Media Sosial. Dinamik, 21(1), 52-55. https://doi.org/10.35315/dinamik.v21i1.6081
Section
Articles