Model Cyber-Link Marketing sebagai Strategi Pemasaran Produk Unggulan Daerah Kabupaten Kendal

  • Eko Nur Wahyudi
  • Mardi Siswo Utomo

Abstract

Kebanyakan UKM memiliki permasalahan permodalan dan pemasaran, hal ini yang juga dialami oleh UKM di Kabupaten Kendal terutama usaha Batik dan usaha Tas yang menjadi sentra dengan jumlah UKM terbanyak. Usaha tersebut sulit memasarkan secara mandiri dengan brand sendiri, tergantung pada tengkulak dan broker yang membeli atau melakukan order tersebut dengan merk pemesan.  Padahal kedua produk tersebut menjadi produk unggulan dan bahkan menjadi percontohan usaha mikro daerah skala nasional. Penelitian ini bertujuan memberikan solusi pemasaran online (e-marketing) dengan model cyber-link antar pemilik usaha yang ada dengan komunitas yang dibentuk untuk mendukung pemasaran online, sehingga ketika pengguna internet mencari produk tersebut selalu mudah ditemui di internet dan selalu berada pada halaman pertama dan menjadi ranking teratas (To range). Manfaatnya adalah agar produk yang dipasarkan online mudah ditemukan, dan menjadi prioritas untuk diakses oleh pengguna internet, hal tersebut merupakan strategi pemasaran untuk memudahkan mendapatkan pelanggan.

 

Kata Kunci : UKM, pemasaran online, cyber-link
Published
2014-02-22
How to Cite
Wahyudi, E., & Utomo, M. (2014). Model Cyber-Link Marketing sebagai Strategi Pemasaran Produk Unggulan Daerah Kabupaten Kendal. Dinamik, 19(1). https://doi.org/10.35315/dinamik.v19i1.4084
Section
Articles