Rancang Bangun VLAN untuk Segmentasi Jaringan pada Cyber Campus Laboratory Universitas Stikubank

  • Felix Andreas Sutanto
  • Heribertus Yulianton
  • Jeffri Alfa Razaq

Abstract

Cyber Campus Laboratory (CCL) adalah pelayanan jaringan yang terkoneksi dengan internet di Universitas  Stikubank. Kebutuhan pengguna dalam  mengakses informasi sangat  tinggi  bila dibandingkan dengan ketersediaan  bandwith. Selain itu kebutuhan untuk memanajemen jaringan dengan mudah sangat diperlukan untuk administrator jaringan.

Penelitian ini akan merancang dan mengimplementasikan  VLAN pada jaringan Cyber Campus Laboratory agar peralatan yang ada dapat dioptimasi untuk memberikan pelayanan jaringan yang baik. Rancangan atau desain jaringan dibuat dalam tiga lapisan yaitu core, distribution dan access.

Virtual LAN (VLAN) adalah  suatu mekanisme yang dapat digunakan untuk mensegmentasi jaringan dalam peralatan switch. Dengan metode trunking, switch dapat dihubungkan dengan router untuk menghubungkan semua VLAN. Melalui cara ini peralatan jaringan yang ada dapat dioptimasi untuk mendukung pelayanan jaringan.
Published
2011-01-01
How to Cite
Sutanto, F., Yulianton, H., & Razaq, J. (2011). Rancang Bangun VLAN untuk Segmentasi Jaringan pada Cyber Campus Laboratory Universitas Stikubank. Dinamik, 16(2). https://doi.org/10.35315/dinamik.v16i2.355
Section
Articles