Final Report Penilaian Kinerja Dosen oleh Mahasiswa pada Satu Periode Tahun Akademik menggunakan Teknik Klustering (Studi Kasus : Universitas Stikubank Semarang)

  • Eko Nur Wahyudi
  • Arief Jananto

Abstract


Dosen/Instruktur mempunyai tugas dan tanggung jawab  melaksanakan Tri Darma
Perguruan Tinggi, yaitu pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu
komponen dalam penilaian  pembelajaran adalah adanya penilaian kinerja  yang diberikan oleh
mahasiswa kepada setiap dosen/instruktur yang mengampu mata kuliah yang mereka ikuti.
Harapannya, dengan penilaian tersebut maka diperoleh masukan mengenai kemampuan seorang
dosen/instruktur dalam memberikan materi kuliah.  Tentunya hasil penilaian ini masih  perlu
digabung dengan komponen penilaian kinerja dosen/instruktur lainnya seperti melakukan
penelitian, pengabdian kepada masyarakat, penulisan jurnal ilmiah dan lain-lain.
Teknik Klustering dengan metode K-Means diterapkan untuk memperoleh hasil kluster
terhadap nilai rerata yag diberikan mahasiswa kepada setiap dosen/instruktur, baik pada semester
gasal maupun semester genap pada tahun akademik 2012/2013.

Kata kunci : kinerja, klustering, k-means
How to Cite
Wahyudi, E., & Jananto, A. (1). Final Report Penilaian Kinerja Dosen oleh Mahasiswa pada Satu Periode Tahun Akademik menggunakan Teknik Klustering (Studi Kasus : Universitas Stikubank Semarang). Dinamik, 18(2). https://doi.org/10.35315/dinamik.v18i2.1698
Section
Articles