Aplikasi Pengolah Bahasa Alami untuk Query Basisdata Akademik dengan Format Data Xml

  • Setyawan Wibisono

Abstract

Dalam sistem informasi akademik, operator sistem adalah pengguna yang tidak mempunyai latar belakang pengetahuan query yang cukup. Sehingga kebutuhan pengguna adalah kemudahan memperoleh informasi akademik dengan menggunakan bahasa alami yaitu bahasa Indonesia.

Program aplikasi pengolah bahasa alami untuk query basisdata akademik dengan format data XML adalah program aplikasi berbasis NLP (Natural Language Processing). Digunakan oleh staf administrasi akademik untuk membantu pekerjaan pencarian data dalam format XML yang berkaitan dengan data akademik mahasiswa dalam basisdata akademik tanpa harus menggunakan bahasa SQL, tetapi menggunakan bahasa Indonesia.

Masukan program aplikasi ini berupa sebuah kalimat tanya atau kalimat perintah dalam bahasa Indonesia yang sesuai dengan aturan produksi. Kalimat yang dimasukkan, akan dipilah kata yang bermakna (token) dan kata yang tidak bermakna. Token akan dibandingkan dengan aturan produksi, daftar atribut dan kondisi, untuk mendapatkan field yang dimaksudkan dalam kalimat. Dari kumpulan token akan dikonstruksikan sesuai dengan aturan produksi pembentuk kalimat untuk diterjemahkan dalam XQuery pengakses basisdata XML, sehingga menghasilkan keluaran tabel yang sesuai dengan pertanyaan atau perintah.

Dari sistem yang dihasilkan dapat disimpulkan bahwa implementasi dengan berbasis Natural Language Processing dapat digunakan sebagai alternatif dalam merancang sebuah sistem pengakses basisdata, tetapi tidak dengan menggunakan bahasa SQL. Keunggulan dari aplikasi pengolah bahasa alami ini adalah mampu menjawab query bahasa Indonesia dari implementasi 7 aturan produksi yang telah ditetapkan dengan tampilan berbentuk tabel.

 

Kata kunci : natural language processing, query bahasa Indonesia, token, XML, XQuery, aturan produksi

How to Cite
Wibisono, S. (1). Aplikasi Pengolah Bahasa Alami untuk Query Basisdata Akademik dengan Format Data Xml. Dinamik, 18(1). https://doi.org/10.35315/dinamik.v18i1.1676
Section
Articles