Analisa Optimasi Jaringan Jalan Berdasar Kepadatan Lalulintas di Wilayah Semarang dengan Berbantuan Sistem Informasi Geografi
Abstract
Tingkat pelayanan jalan merupakan suatu metode yang mungkin untuk memberikan batasan –
batasan ukuran untuk dapat menjawab pertanyaan apakah kondisi suatu ruas jalan yang ada saat ini masih
memenuhi syarat untuk dilalui oleh volume maksimum lalu lintas /pemakai jalan yang ada saat ini dan
peningkatannya hingga masa yang akan datang. Beberapa jalur di jaringan Jalan Utama wilayah memiliki
tingkat kepadatan lalu lintas yang cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan kemacetan lalulintas. Analisa
kepadatan lalulintas dibutuhkan untuk mengetahui kepadatan lalulintas pada suatu jalan sehingga dapat
diketahui kepadatan lalulintas di jalur utama jaringan jalan di wilayah kota Semarang.
Analisa dilakukan untuk mengetahui apakah kondisi suatu ruas jalan yang ada saat ini masih
memenuhi syarat untuk dilalui oleh volume maksimum lalu lintas /pemakai jalan dengan cara mengetahui
tingkat pelayanan jalan (LOS/Level Of Service).
Sistem Informasi Geografi digunakan sebagai sarana pendukung (alat Bantu) yang dapat
mengoptimalkan sistem kerja, baik secara efektifitas waktu, dana, maupun tenaga. Hal ini disebabkan
karena kemampuan dari Sistem Informasi Geografi yang dapat menggabungkan beberapa jenis data dan
melakkan analisis spasial. Dengan memanfaatkan Sistem Informasi Geografi dalam melakukan analisis
tingkat pelayanan jalan bisa melibatkan banyak parameter, baik jenis parameter tersebut berupa numerik
atau tabel maupun berupa spasial atau peta.
How to Cite
Ningsih, D. (1). Analisa Optimasi Jaringan Jalan Berdasar Kepadatan Lalulintas di Wilayah Semarang dengan Berbantuan Sistem Informasi Geografi. Dinamik, 15(2). https://doi.org/10.35315/dinamik.v15i2.120
Issue
Section
Articles