Prototipe Mesin Pencari Dokumen Teks

  • Herny Februariyanti
  • Eri Zuliarso
  • Mardi Siswo Utomo

Abstract

Pada saat ini informasi sangatlah mudah didapat salah satunya adalah dari internet kita dapat mendapatkan informasi yang sangat luas. Dengan banyaknya informasi yang didapat maka akan menyulitkan dalam menemukan dokumen seperti yang diinginkan. Dengan semakin bertambahnya dokumen yang didapat, pendayagunaan sistem temu kembali dokumen menjadi penting agar dapat menghemat waktu dan kerja untuk mendapatkan dokumen yang mirip (similar) dengan kata kunci (query) yang diinputkan oleh pengguna.

Pada prinsipnya, penyimpanan dokumen teks dan proses pencarian kembali dokumen tersebut sifatnya sederhana, selama ada kumpulan dokumen yang disimpan dan pengguna yang memberikan pertanyaan ataupun kebutuhan. Maka sistem temu kembali dokumen dapat mengembalikan kumpulan dokumen yang mirip dengan menghitung similarity atau tingkat kesamaan antara dokumen dengan query yang diinputkan oleh pengguna.

Penelitian ini menggunakan algoritma indeks inverted untuk proses indeks kata (term), cosine similaritas untuk menghitung kesamaan kata dalam dokumen. Dokumen yang digunakan pada penelitian adalah dokumen teks abstrak skripsi mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Unisbank Semarang. Algoritma yang dikembangkan diuji dengan menggunakan dokumen teks naskah abstrak skripsi Fakultas Teknologi Informasi Unisbank Semarang. Hasil uji menunjukan bahwa algoritma dapat digunakan untuk menghitung tingkat similaritas (kesamaan) dokumen berdasarkan kata kunci yang diinputkan oleh pengguna. Pemilihan kata kunci sangat mempengaruhi hasil pencarian dokumen teks.

How to Cite
Februariyanti, H., Zuliarso, E., & Utomo, M. (1). Prototipe Mesin Pencari Dokumen Teks. Dinamik, 15(2). https://doi.org/10.35315/dinamik.v15i2.119
Section
Articles