Jaringan Syaraf Tiruan : Aplikasi Pemilihan Merek

  • Yohanes Suhari

Abstract

Aplikasi jaringan syaraf tiruan sudah banyak dilakukan dalam berbagai bidang. Salah satu aplikasi
adalah pada bidang pemasaran. Pemilihan merek merupakan persoalan penting dalam pemasaran. Sebelum
melakukan pemilihan merek konsumen lebih dahulu melalui tahap pembentukan seperangkat
pertimbangan. Salah satu model yang paling dikenal selama ini adalah multinomial logit. Model
multinomial logit ini berasumsi bahwa konsumen mempertimbangkan semua merek secara bersamaan.
Asumsi dalam model multinomial logit ini menjadi kurang realistis. Pada tulisan ini mengulas model lain
yang lebih realistik, yakni pemilihan merek dilakukan melalui dua tahap dengan struktur jaringan syara
tiruan. Jaringan syaraf tiruan dapat digunakan untuk memodelkan secara lebih baik pada persoalan
pemilihan merek secara bertahap.
How to Cite
Suhari, Y. (1). Jaringan Syaraf Tiruan : Aplikasi Pemilihan Merek. Dinamik, 15(2). https://doi.org/10.35315/dinamik.v15i2.116
Section
Articles