Implementasi E-SCM sebagai Mekanisme Kontrol Stok di Teha Coffee Corner

  • Nadya Salsadilah Universitas Royal Asahan Sumatera Utara
  • Dewi Maharani Universitas Royal Asahan Sumatera Utara
  • Elly Rahayu Universitas Royal Asahan Sumatera Utara

Abstract

Bisnis adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan untuk menghasilkan, membeli, atau menjual barang atau jasa dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Bisnis dapat dilakukan oleh individu, kelompok, perusahaan besar, atau usaha kecil. Di suatu dunia bisnis, yang dimaksud dengan sistem informasi manajemen adalah piranti yang dipakai untuk mengatasi suatu proses, operasional, evaluasi, serta teknologi dan informasi. Usaha  bisnis  yang  bergerak  dalam  bidang  makanan  ringan  snack dijalankan  dengan  modal usaha  berskala  kecil  ialah  pelaku  bisnis  berskala  rumah  tangga  yang  mempunyai  kesempatan sangat  bagus  untuk  berkembang  dengan  pesat  dengan  keterbatasan  yang dimiliki  seperti  SDM, skill,  pengetahuan,  ketrampilan,  dan  pengelolaan  bidang  managementyang  seadanya Penelitian ini dilakukan di Teha Coffee Corner, sebuah kedai kopi yang berlokasi di Jl. Imam Bonjol, Tebing Kisaran, Kec. Kota Kisaran Barat, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21211. Kedai ini didirikan pada Maret 2021 oleh Thierry Henry, tepat di tengah masa pandemi COVID-19. Supply Chain Management (SCM) adalah pengintegrasian sumber bisnis yang kompeten dalam penyaluran barang, mencakup perencanaan dan pengelolaan aktivitas pengadaan dan logistik serta informasi terkait mulai dari tempat bahan baku sampai tempat konsumsi, termasuk koordinasi dan kolaborasi dengan jaringan mitra usaha (pemasok, manufaktur, retailer, distributor, pergudangan, transportasi dan konsumen) untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Sebuah model rantai pasokan sederhana terdiri dari empat komponen yaitu supplier, produsen, gudang atau pusat distribusi dan pengguna akhir. Seiring dengan pertumbuhan bisnisnya, Teha Coffee Corner mulai menghadapi berbagai tantangan, terutama dalam pengelolaan stok bahan baku dan pencatatan transaksi. Saat ini, pencatatan masih dilakukan secara manual, baik dalam menghitung jumlah stok maupun dalam mencatat transaksi harian. Setiap akhir operasional atau saat closing, Dengan adopsi sistem E-SCM, aliran informasi dan data pembelian antara Teha Coffee Corner dan pemasok menjadi lebih efisien. Ini menghasilkan kejelasan dan ketepatan dalam transaksi pembelian, yang berkontribusi pada menghindari kesalahan dan mengurangi risiko keterlambatan dalam pengiriman toko.

References

[1] T. S. Syamfithriani, T. F. Nugraha, and E. Darmawan, “Implementasi Supply Chain Management (SCM)Toko Alat dan Bahan Bangunan Berbasis Web (Studi Kasus: TB. Bojong Indah),” INFOTECH journal, vol. 6, no. 2. pp. 44–50, 2020.
[2] R. A. Wijaya and N. M. Setiawati, “Implementasi Supply Chain Management pada PT Central Proteina Prima Tbk.,” Pros. Semin. Nas. Ekon. dan Bisnis, vol. 1, no. 2020, pp. 153–165, 2021, doi: 10.33479/sneb.v1i.89.
[3] D. N. Lubis, E. R. Syahputra, and H. Lubis, “Rancang Sistem Cek Stok Seragam Sekolah Berbasis Supply Chain Management (SCM) Pada UD Rohana,” TIN Terap. Inform. Nusant., vol. 1, no. 11, pp. 542–550, 2021, [Online]. Available: https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/tin/article/view/729
[4] N. L. Sari, H. Saputra, and H. D. Ellyany Sinaga, “Implementasi Supply Chain Management Berbasis Web Untuk Pengelolaan Stok Dan Distribusi Spare Part Handphone Pada Erwin Ponsel,” J-Com (Journal Comput., vol. 1, no. 2, pp. 103–108, 2021, doi: 10.33330/j-com.v2i1.1207.
[5] A. M. Yusuf and D. Soediantono, “Supply Chain Management and Recommendations for Implementation in the Defense Industry: A Literature Review,” Int. J. Soc. Manag. Stud., vol. 3, no. 3, pp. 63–77, 2022.
[6] S. Monalisa and D. Apsyarin, “Rancang Bangun Sistem Informasi Supply Chain Management Distribusi Barang Dan Jasa Berbasis Web,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 7, no. 2, pp. 139–144, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/RMSI/article/view/13143
[7] N. M. Dwi Alfino, W. Safitri, and A. Izzaty Jamhur, “Implementasi Supply Chain Management Pada Toko Grosir dan Eceran Berbasis Web (Studi Kasus : Toko Anugrah),” J. Sains Inform. Terap., vol. 1, no. 1, pp. 34–38, 2022, doi: 10.62357/jsit.v1i1.46.
[8] S. Riyadi and A. Manan, “Sistem Informasi Distribusi Vape Pada Grandline Vapor Dengan Metode Supply Chain Management Dan Inventory Management Berbasis Website,” EJECTS E-Journal Comput. Technol. Informations Syst., vol. 02, no. 01, pp. 1–7, 2022.
[9] M. Basirun, H. Saputra, and P. Putri, “Penerapan SCM Dalam Upaya Pengelolaan Stock Bahan Baku Produksi Tahu Pada Pabrik Tahu Helen,” J-Com (Journal Comput., vol. 2, no. 3, pp. 211–218, 2022.
[10] A. Indri, Nurwati, and N. Marpaung, “Analisis Metode Supply Chain Management dalam Persediaan Bahan Baku dan Distribusi Kripik pada UD. Bu Sri Berbasis Web,” J. Tek. Inform., vol. 3, no. 2, pp. 331–339, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.20884/1.jutif.2022.3.2.225
Published
2025-07-08
How to Cite
Salsadilah, N., Maharani, D., & Rahayu, E. (2025). Implementasi E-SCM sebagai Mekanisme Kontrol Stok di Teha Coffee Corner. Dinamik, 30(2), 331-338. https://doi.org/10.35315/dinamik.v30i2.10203
Section
Articles