Perancangan E-CRM terhadap Loyalitas Konsumen di Rainbow Cafe

  • Putri Zakiyah Maharani Universitas Royal
  • Nurul Rahmadani
  • Sumantri Sumantri

Abstract

Berkembangnya industri kuliner di Indonesia yang pesat menuntut pengusaha untuk beradaptasi dengan cepat, terutama dalam teknologi dan pemasaran. Karena Masih terlalu banyak pengusaha yang masih mengandalkan metode pemesanan dan promosi manual, maka dari itu penerapan Customer Relationship Management (CRM) menjadi solusi yang efektif untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan loyalitas konsumen. Penelitian ini fokus pada penerapan CRM di Rainbow Cafe, yang bertujuan dalam memikat konsumen baru dan meningkatkan loyalitas konsumen di Rainbow Cafe. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif melalui wawancara dan survei kepada konsumen serta pengusaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CRM sangatlah penting dikarenakan dapat meningkatkan interaksi dengan konsumen, mempercepat proses pemesanan, dan meningkatkan kepuasan konsumen. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa implementasi CRM tidak hanya penting untuk meningkatkan loyalitas konsumen, tetapi juga sebagai strategi yang krusial dalam menghadapi persaingan di industri kuliner yang semakin ketat dan untuk interaksi dengan konsumen lebih efektif.

References

[1] Yunan CN, Arifin. Pengaruh Perceived Value , Relationship Marketing , Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan 2023:36–49.
[2] Gunawan A, Rahmadani N, Lubis IA. Peningkatan Penjualan Melalui Implementasi CRM Berbasis Web 2024;13:773–88.
[3] Armanto R, Gunarto M, Waluyo R. Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Resto Padang di Kota Palembang 2023;4:350–61.
[4] Lestari S, Febrina P, Nurchaini. Customer Relationship Management (Crm) Sebagai Strategi Dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan 2023;12:32–41. https://doi.org/10.58437/mim.v12i03.
[5] Rizky F, Sudiarti S, Atika. Strategi Costumer Relationship Management Dalam Mempertahankan Pelanggan Pada Coffee Shop Grama Sphere 2023;5. https://doi.org/10.32877/ef.
[6] Yauwerissa L, Putra JS. The Effect of Service Quality and Customer Relationship Management Towards Customer Loyalty ( Case Study on Customer GTT Cafe Mojokerto ) 2021;1:339–45.
[7] Angelo D, Ridho MR. Rancang Bangun Penjualan Lisence Key Berbasis Web Pada PT. GFSOFT Indonesia 2022;2.
[8] Hardiana YS, Pramono TD. Penerapan CRM Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan 2022;1:1–9.
[9] Afnita D, Helmiah F, Rahmadani N. Perancangan E-CRM Penjualan Produk Pada Kaka Collection. JUTSI (Jurnal Teknol Dan Sist Informasi) 2023;3:17–24. https://doi.org/10.33330/jutsi.v3i1.2040.
[10] Siswati E, Iradawaty SN, Imamah N. Customer Relationship Management dan Implementasinya pada Perusahaan Kecil. 2024; n.d.
[11] Siallagan YO, Saragih NF, Hutapea JM. Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Toko Roti Ganda Berbasis Web 2020;6:6–13.
[12] Yane Puspito Sari SEMSDYS, M. A. Graciafernandy, S.T., S.M., M.T., M.M. Dr. Endang Sungkawati, M.Si. Dr. Suwitho MS, Elida Zia’ul Huda, S.E., M.M. Dr. Luhgiatno, S.E., M.M., M.Si. Dr. Agus Nursalim MT, Dr. Ir. Mei Indrawati MM, Dr. Budi Istiyanto, S.E., M.M., M.H. Acai Sudirman, S.E. MM, Dr. Prita Prasetya, S.Si., M.M. Ika Menarianti, S.Kom. MK, et al. Loyalitas Pelanggan. 2021.
[13] Mualim I. Sistem Komputerisasi Absen Guru Dan Jadwal Mengajar Pada Smk Darul Amal Kota Metro. Electrician 2021;15:192–9. https://doi.org/10.23960/elc.v15n3.2175.
[14] Suharni, Susilowati E, Pakusadewa F. Perancangan Website Rumah Makan Ninik Sebagai Media Promosi Menggunakan Unified Modelling Language. Rekayasa Inf 2023;12:1–12.
[15] Rasiban, Septiansyah A, Hasanah S, Permatasari VN, Yuliawati A, 1. Sistem Informasi Otomatisasi Pelaporan Data Penjualan Toko Buku Nazwa yang Masuk dan yan Keluar 2024;8:279–92.
[16] Sari L, Siregar GYKS. Perancangan Aplikasi Pendataan Data Kepegawaian Negeri Sipil Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Metro 2021;01.
[17] Hermiati R, Asnawati, Kanedi I. Pembuatan E-commerce Raja Komputer Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan Database MYSQL 2021;17:54–66.
[18] Syarif MN, Pambudiyatno N, Utomo W. Rancangan Sistem Presensi Dan Rekapitulasi Jurnal Kegiatan Ojt Menggunakan Visual Studio Code Berbasis Web Di Airnav Cabang Matsc 2023:1–13.
[19] Salamena AMC, Emanuel AWR. Pengaruh Customer Relationship Management dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas di Cafe Pelangi 2024;8.
[20] Ramadhan T, Usino W, Triyono G, Ariesta A. Peningkatan Pelayanan Pelanggan Menggunakan Customer Relationship Management (Crm) Berbasis Web Pada Cafe Tongkrongan Tikum 2023;2:1430–8.
[21] Putri LT, Setiawan A, Salis M, Irham. Analisis Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Cafe Rumah Majopi Bangkinang 2024;6:116–25.
[22] Susanty A, Indasari NL, Oktavianty H, Ayyubi II Al, Purnamasari DA, Ryandini EY, et al. Metode Penelitian Kualitatif. 2023.
[23] Dr. Rola Pola Anto, S.Pd. MS, Nikmatullah Nur, S. Si. MS, Dr. Yusriani, SKM. MK, Fenni Kurniawati Ardah SP, Juwita Desri Ayu, S.Tr.Keb. MK, Dr. Adi Nurmahdi M, et al. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Penerapannya. 2024.
Published
2025-07-08
How to Cite
Maharani, P., Rahmadani, N., & Sumantri, S. (2025). Perancangan E-CRM terhadap Loyalitas Konsumen di Rainbow Cafe. Dinamik, 30(2), 289-296. https://doi.org/10.35315/dinamik.v30i2.10188
Section
Articles