PENENTUAN OPERATOR KARTU SELULER TERBAIK DENGAN METODE AHP (ANALYTICHAL HIERARCHY PROCESS)

  • 07.04.51.0001 Said Agung Prabowo Universitas Stikubank

Abstract

Peranan teknologi telekomunikasi menjadi sanagat penting, terutama dalam pengubah kehidupan masyarakat. Perkembangan teknologi di bidang komunikasi dan informasi kini dapat dinikmati oleh berbagai lapisan masyarakat. Semua lapisan masyarakat dari lapisan elit sampai pembantu rumah tangga dari kota besar ataupun pelosok-pelosok di seluruh indonesia dapat mengakses sarana telekomunikasi yang ada. Pelayanan jasa telekomunikasi dibawa ke daerah-daerah terisolir, meskipun hasilnya masih belum memuaskan Untuk menentukan alternatif operator kartu seluler yang terbaik yang berdasarkan kriteria tertentu, digunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process).

Analytichal Hierarchy Process (AHP) merupakan teknik untuk membantu menyelesaikan masalah. Dalam perkembangannya, AHP tidak hanya digunakan untuk menentukan prioritas pilihan-pilihan dengan banyak kriteria, tetapi penerapannya telah meluas sebagai model alternatif untuk menyelesaikan bermacam- macam masalah.

Dari hasil penelitian yang dilakukan pada masyarakat pengguna kartu seluler maupun yang pernah menggunakan kartu seluler Im3, Simpati dan Xl Bebas mulai dari masalah, tujuan, metodologi penelitian dan pengisian kuesioner maka hasil pengambilan keputusan dengan metode AHP diketahui Berdasarkan Alternatif yang terbaik secara keseluruhan adalah Simpati dengan bobot 0.458773073, alternatif terbaik berikutnya adalah XL Bebas denganĀ  bobot 0.346567324, alternatif terbaik berikutnya adalah Im3 denganĀ  bobot 0.194659633.

Kata kunci : operator kartu seluler, Analytical Hierarchy Process (AHP)

Published
2013-04-29