PENGARUH PAJAK DAERAH, RETRIBUSI DAERAH, DANA ALOKASI KHUSUS DAN DANA ALOKASI UMUM TERHADAP ALOKASI BELANJA MODAL (Studi Empiris pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2015-2017)

  • 13.05.52.0150 Angganitta Noveli Kawer
  • Titiek Suwarti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pajak daerah, retribusi daerah, dana alokasi khusus, dan dana alokasi umum terhadap alokasi belanja modal di provinsi Jawa Tengah. Variabel dependen dalam penelitian ini ialah belanja modal. Variabel independennya adalah pajak daerah, retribusi daerah, dana alokasi khusus dan dana alokasi umum.

Populasi dalam penelitian ini adalah kabupaten/kota yang ada di provinsi Jawa Tengah pada tahun anggaran 2015-2017. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Data yang diolah sebanyak 103 kabupaten/kota. Teknik pengujian data adalah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda.

Hasil analisis diketahui bahwa variabel retribusi daerah berpengaruh negatif terhadap alokasi belanja modal, sedangkan pajak daerah, dana alokasi khusus dan dana alokasi umum berpengaruh positif terhadap alokasi belanja modal.

 Kata kunci : Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Dana Alokasi Khusus, Dana  Alokasi Umum, Belanja Modal.

 

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed