PENGARUH KOMPETENSI, SELF EFFICACY TERHADAP KINERJA GURU DIMEDIASI KOMITMEN ORGANISASIONAL

  • Puji Astuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji pengaruh kompetensi guru terhadap komitmen organisasional di SMP Negeri Kabupaten  Pati., (2) menguji pengaruh self efficacy guru terhadap komitmen organisasional di SMP Negeri Kabupaten  Pati, (3) menguji pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kabupaten  Pati, (4) menguji pengaruh self efficacy guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kabupaten  Pati, (5) menguji pengaruh  komitmen organisasional terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kabupaten  Pati, (6) menguji komitmen organisasional memediasi pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kabupaten  Pati, (7) menguji komitmen organisasional memediasi pengaruh self efficacy guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kabupaten  Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reseach), dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMP Negeri Kabupaten Pati,  yang berjumlah 514 orang. Sampel diambil menggunakan teknik Slovin diambil secara proposional sejumlah 230 guru. Teknik analisis data menggunakan pengujian model analisis liner berganda, Uji R2, Uji F, pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji efek mediasi (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi guru berpengaruh tidak signifikan terhadap komitmen organisasional guru di SMP Negeri Kabupaten Pati, (2) self efficacy guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional guru di SMP Negeri Kabupaten Pati, (3) kompetensi guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kabupaten Pati, (4) self efficacy guru tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kabupaten Pati, (5) komitmen organisasional berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kabupaten Pati, (7) kompetensi guru lebih efektif berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap  kinerja guru di SMP Negeri Kabupaten Pati daripada  melalui mediasi  komitmen organisasional, dan (8) self efficacy guru berpengaruh tidak signifikan dengan nilai sama baik secara langsung terhadap  kinerja guru di SMP Negeri Kabupaten Pati daripada  maupun melalui mediasi  komitmen organisasional.

Kata kunci: kompetensi guru, self efficacy guru, kinerja guru, dan komitmen organisasional