KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MEMODERASI PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA GURU SD
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk adalah untu menguji pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru, menguji pengaruh komitmen organisasional terhadap kinerja guru, menguji pengaruh peran kepemimpinan kepala sekolah memoderasi pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru, menguji pengaruh peran kepemimpinan kepala sekolah memoderasi pengaruh komitmen organisasional terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian empiris untuk membuktikan pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap kinerja guru dengan moderasi kepemimpinan kepala sekolah. Populasi penelitian adalah seluruh guru sekolah dasar negeri Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kecamtan Sayung Kabupaten Demak yang berjumlah 343 orang tersebar pada 44 sekolah. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling, sampel yang diambil sebanyak 78 guru. Variabel yang diteliti adalah variabel bebas yaitu disiplin kerja dan motivasi kerja, variabel moderating yaitu kepemimpinan kepala sekolah dan variabel terikatnya kinerja guru. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi moderasi dan pengujian hipotesis dengan perhitungan uji t pada taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru, komitmen organisasional berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru, kepemimpinan Kepala Sekolah tidak memperkuat pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru, kepemimpinan Kepala Sekolah memperkuat pengaruh komitmen organisasional terhadap kinerja guru.
Kata Kunci: Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional, Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru