PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU DENGAN MEDIASI KOMITMEN ORGANISASI PADA GURU SMP NEGERI 1 DI SUB RAYON 04 JAKENAN KABUPATEN PATI

  • Suraji Suraji

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis  pengaruh  Iklim Organisasi dan Motivasi terhadap Kinerja Guru dengan mediasi Komitmen Organisasi pada guru SMP Negeri 1 di Sub Rayon 04 Jakenan Kabupaten Pati.

Studi ini menggunakan obyek penelitian ini adalah guru SMP Negeri 1 di wilayah Sub Rayon 04 Jakenan Kabupaten Pati yang berjumlah 136 orang guru. Dari 136 responden yang mengembalikan kuesener sebanyak 126 responden. Teknik sampling yang dipakai adalah sampel jenuh atau teknik sensus yang memakai populasi sebagai sampel. Hippotesis yang diajukan dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan regresi. Model regresi dapat digunakan kalau memnuhi syarat yaitu uji normalitas dan uji asumsi klasik yang meliputi multikolineritas dan heterokedastisitas.

Hasil penelitian membuktikan bahwa Iklim Organisasi  tidak terbukti memiliki pengaruh positif terhadap    Komitmen Organisasi pada Guru SMP Negeri 1 di Sub Rayon 04 Jakenan Kabupaten Pati. Motivasi terbukti secara signifikan memiliki pengaruh positif terhadap Komitmen Organisasi pada guru SMP Negeri 1 di Sub Rayon 04 Jakenan Kabupaten Pati. Iklim Organisasi berpengaruh positif terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 1 di Sub Rayon 04 Jakenan Kabupaten Pati.  Motivasi terbukti secara signifikan memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru  pada guru SMP  Negeri 1di Sub Rayon 04 Jakenan Kabupaten Pati . Komitmen Organisasi guru tidak terbukti secara signifikan memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru pada guru SMP Negeri 1 di Sub Rayon 04 Jakenan Kabupaten Pati. Pengaruh Iklim Organisasi terhadap kinerja guru lebih efektif bersifat langsung tanpa mediasi Komitmen Organisasi. Motivasi berpengaruh  terhadap kinerja guru secara langsung lebih efektif dari pada dengan mediasi Komitmen Organisasi.

Kata kunci : Iklim Organisasi, Motivasi, Komitmen Organisasi, Kinerja Guru