PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU MELALUI KEPUASAN KERJA GURU SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung Semarang)

  • Sarjana Sarjana

Abstract

Penelitian ini bertjuaan untuk mengetahui Pengaruh  gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja sebagai variable intervening, di lingkungan Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung Semarang.Penelitian ini dilakukan terhadap guru dilingkungan Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung Semarang dengan  jumlah populasi 175 guru dan sampel  yang diambil sebanyak 64 guru. Uji instrument yang digunakan adalah uji validitas dan  reliabilitas dengan komponen matrik, sedangkan uji model yang digunakan adalah uji F dan uji determinasi,. Uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa:  (i) gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja guru, (ii) budaya sekolah berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja guru, (iii) gaya kepemimpinan tidak berpengaruh positif terhadap kinerja guru, (iv) budaya sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru, (v) kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru, (vi) kepuasan kerja tidak memediasi gaya kepemimpinan terhadap kinerja, (vii) kepuasan kerja tidak memediasi budaya sekolah terhadap kinerja guru.

Kata kunci : Gaya kepemimpinan Transformasional., budaya sekolah, kepuasan kerja, dan kenerja