PENGARUH CITRA, LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RESTORAN AYAM BAKAR WONG SOLO SEMARANG (STUDI KASUS DI AYAM BAKAR WONG SOLO JL. IMAM BONJOL UNGARAN)

  • 07.05.51.0021 Elvira rosa kartika
  • Eric Santoso

Abstract

penelitian ini dilakukan pada rumah makan ayam bakar wong solo semarang merupakan salah satu cabang rumah makan yang ada di semarang. Alasan pemilihan obyek ini disebabkan karena adanya penurunan tingkat penjualan dari tahun ke tahun.hal ini tentunya menjadi suatu fenomena atau permasalahn yang harus dicari solusinya dalam upaya meningkatkan penjualannya. Oleh karena itu perlu penelitian untuk menganalisi pengaruh citra,lokasi, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian di rumah makan ayam bakar wong solo semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuesioner (angket) teknik pengambilan sample yang digunakan adalah Accidental Sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Uji determinasi dilakukan mengetahui kemampuan variable bebas dalam menjelaskan variable terikat.Untuk menguji besarnya pengaruh secara parsial masing-masing variabel bebas dilakukan dengan ujit. Hasil Uji determinasi diketahui dari nialai Adjusted R square sebesar 0,770 Hal ini memiliki arti bahwa variabel independen (citra, lokasii, dan kualitas layanan) memiliki peranan sebesar 77% dalam menjelaskan variabel dependen (keputusan pembelian).Sisanya 23% (100%-77%) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.Hasil uji F memiliki nilai signifikan kurangdari 0,05 artinya variable citra ,lokasi dan kualitas layanan mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t menunjukan bahwa citra berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: citra,lokasi, kualitas layanan, keputusan pembelian