PENGARUH KETIDAKPUASAN KONSUMEN, KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP PERPINDAHAN MEREK SMARTPHONE] BLACKBERRY KE SAMSUNG (Studi Pada Masyarakat Kota Semarang)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis variabel ketidakpuasan konsumen, kualitas produk dan persepsi harga terhadap perpindahan merek smartphone merek Blackberry ke smartphone merek Samsung di Kota Semarang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dimana yang menjadi responden adalah konsumen yang pernah berpindah merek dari Blackberry ke Samsung. Pengumpulan data menggunakan metode penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel ketidakpuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek. Hal ini menunjukan bahwa semakin tinggi ketidakpuasan konsumen Blackberry maka keputusan beralih merek dari Blackberry ke Samsung akan semakin meningkat. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek. Artinya semakin tinggi kualitas produk suatu barang maka semakin tinggi pula kemungkinan untuk berpindah merek. Dan persepsi harga berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan sehingga persepsi harga tidak berpengaruh terhadap perpindahan merek. Hal ini dimungkinkan karena sebagian besar responden dalam melakukan perpindahan merek bersikap tidak rasional dan melihat dari segi persepsi harga.