PENGARUH KETIDAKPUASAN KONSUMEN, KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP PERPINDAHAN MEREK SMARTPHONE] BLACKBERRY KE SAMSUNG (Studi Pada Masyarakat Kota Semarang)

  • 12.05.51.0064 Hendrik Dwi Helichonia
  • Euis Soliha

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis variabel ketidakpuasan konsumen, kualitas produk dan persepsi harga terhadap perpindahan merek smartphone merek Blackberry ke smartphone merek Samsung di Kota Semarang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dimana yang menjadi responden adalah konsumen yang pernah berpindah merek dari Blackberry ke Samsung. Pengumpulan data menggunakan metode penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel ketidakpuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek. Hal ini menunjukan bahwa semakin tinggi ketidakpuasan konsumen Blackberry maka keputusan beralih merek dari Blackberry ke Samsung akan semakin meningkat. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek. Artinya semakin tinggi kualitas produk suatu barang maka semakin tinggi pula kemungkinan untuk berpindah merek. Dan persepsi harga berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan sehingga persepsi harga tidak berpengaruh terhadap perpindahan merek. Hal ini dimungkinkan karena sebagian besar responden dalam melakukan perpindahan merek bersikap tidak rasional dan melihat dari segi persepsi harga.

References

Aaker, David. 1991. “Managing Brand Equity: Capitalizing on The value of A BrandName”.New York. The Free Press.
Aaker, David.1997. Manajemen Ekuitas Merek: Menafaatkan Nilai dari Suatu Merek, terjemahan, Penerbit Mitra Utama.
Alma, B. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi 2. Bandung: Alfabeta.
Anandhitya Bagus Arianto. 2013. Pengaruh Atribut Produk, Harga, Kebutuhan Mencari Variasi dan Ketidakpuasan Konsumen terhadap Keputusan Perpindahan Merek dari Samsung Galaxy Series di Kota Malang.
Assael, H. 1995. Consumer Behavior and Marketing Action, 5th Ed, Cincinnati, OH: South Western College Publishing.
Bitner, Mary Jo,1990, “ Evaluating Service Encounters : The Effects of Physical Surroundings and Employee Responses “, Journal ofMarketing, Vol. 54.
Dedi Emiri. 2011. “Analisis Pengaruh Kualitas produk, Ketersediaan Produk, Harga, Dan CoverageTerhadap Brand Switching “.
Dharmmesta, Basu, S., 1999, “ Loyalitas Pelanggan : Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneli“, Jurnal Ekonomi danBisnis Indonesia, Vol. 14, No.3.
Dharmmesta, B.S. 2002. Perilaku Beralih Merek Konsumen dalam Pembelian Produk Otomotif. Jurnal Ekonomidan Bisnis Indonesia Vol. 17, No. 3, 288-303.
Diana Vita Lestari. 2011. “Analisis Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Kebutuhan Mencari Variasi, Keterlibatan Konsumen, Harga Dan Daya Tarik Pesaing Terhadap Perilaku Brand Switching “.
Edho Ferjuangga Putra. 2011 Analisis Ketidakpuasan Pasca Konsumsi, Harga, Iklan Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Handphone Samsung.
Ferdinand, A. 2000. Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen, Badan Penerbit Diponegoro.
Fransiskus Gunawan .2013. “Pengaruh persepsi merek dan kepercayaan konsumen atas produk terhadap brand switching atas produk Smartphone (BlackBerry)”
Ghozali, Imam. 2005. Analisis Multivariate Dengan SPSS . Semarang: BP UNDIP
Indriantoro, dan Supomo. 2009. Metode Penelitian. Jakarta : Gramedia
Indah Yuni Astuti. 2014.” Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Perpindahan Merek Mie Instan Merek Lain Ke Mie instan Merek Indomie Di Kota Kediri “.Jurnal Cendekia Vol 12 No 1 Januari 2014
Junaidi Shellyana dan Basu S. Dharmmesta. (2002). “Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Karakteristik Kategori Produk, dan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Keputusan Perpindahan Merek”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia,Vol. 17, No. 1, 2002: 91-104
Keaveney, Susan, M. 1996. Customer Switching Behaviour In Service Industries: An Explanatory Study. Journal Of Marketing. Vol 59. April. 72-82.
Kotler, Philip. (1997), Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control, 9th Ed, NJ: Prentice Hall, Inc.
Kotler dan Gary Amstrong, 1997, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium 1. Jakarta: PT. Prenhallindo.
Kotler, Philip, 2005, Manajemen Pemasaran, Erlangga Jakarta.
Kotler, P., dan Gary, A. 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi, Terjemahan: Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga.
Kotler & Keller, Kevin Lane, 2007, Marketing Management, Edisi Keduabelas, Jilid 1, PT. Indeks, Jakarta.
Kotler, P. dan Gary, A. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1. Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip, & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Buku 1. Erlangga. Jakarta.
Keller, Kevin Lane. 2003. Strategic Brand Management. Edisi 2. New Jersey:Prentice Hall.
Lamb, Hair, McDaniel. 2001. Pemasaran Buku1. Jakarta: Salemba Empat.
Mowen,C.J, & Minor, M. 2001. Perilaku Konsumen,edisi 5. Jakarta : Erlangga.
Marzuki. 2005. Metodologi Riset. Panduan Penelitian Bidang Bisnis dan Sosial. Ed.2. Cetakan 1. Yogyakarta: Ekonisia.
Nurulia Khairani.2011. “Analisis pengaruh Kualitas produk,Ketidakpuasan Konsumen,Iklan,Word of Mouth Dan karakteristik Kategori Produk Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Pada Sabun Pembersih Wajah”.
Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2003. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran jilid 2.Jakarta: Erlangga.
Peter,P.J dan Olson, J.C.2014. Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran, Edisi 9. Jakarta : Salemba Empat.
Srinivasan, M. 1996. New Insight into Switching Customer Behavior. Journal of Marketing Research Vol.8 No.3 (Fall1996).27-28. University Microfilms International, a Bell and Howell Company. Michigan.
Sugiyono. 2004. Statistik Untuk Penelitian, Cetakan Keenam, Alfabeta, Bandung.
Supranto, J. 2008. Statistik Teori dan Aplikasi, Edisi ketujuh, Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Tia Aningtyas, Sampurno, Dan Djoko Wahyono . 2012. “Analisis Perpindahan Merek Hand & Body Lotion pada Wanita Mahasiswi Fakultas Farmasi UGM”.
Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran, Yogyakarta : Andi.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Tlasih Wulandari 2013 “Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Kebutuhan Mencari Variasi Produk,Harga Produk dan Iklan Produk Pesaing Terhadap Perpindahan Merek”.
Van Trip, Hans, C.M., Wayne, D., Hoyer, & J. Jeffrey, I. 1996. Why Switch? Product Category- Level Explanationsfor True Variety-Seeking Behavior. Research, August, pp. 281-292.
Widiyanto, Ibnu. 2008. Pointers: Metodologi penelitian.Semarang : Bp Undip,p.126

Widyasari, Suzy. 2008. “Analisis Perilaku Brand Switching Konsumen dalam Pembelian Produk Handphone”. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, September 2008, Hal. 107-127.
Wiwik Retnaningsih. 2010. “Pengaruh Ketidak puasan konsumen, Karakteristik kategori produk, dan Kebutuhan mencari variasi Terhadap Perpindahan Merek.
(www.swa.co.id).
(atimscorner.com)
Published
2019-03-29