MENGKAJI PERANAN CITRA PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DARI PENGARUH PUBLIC RELATIONS DAN REPUTASI TERHADAP LOYALITAS (STUDI PADA NASABAH BANK JATENG DI KOTA SEMARANG)

  • 14.05.51.0262 Inggar Tri Mardiyanti Putri
  • MS. Eric Santosa

Abstract

Salah satu penentu loyalitas konsumen terhadap perusahaan diantaranya adalah tentang bagaimana perusahaan melakukan kegiatan public relations-nya, reputasi yang dimiliki perusahaan dan citra perusahaan di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui loyalitas nasabah Bank Jateng di Kota Semarang yang dipengaruhi oleh tiga faktor tersebut serta pengaruhnya jika citra perusahaan menjadi variabel mediasi terhadap loyalitas.

 

Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil langsung dari responden. Teknik pengumpulan sampel dengan mengajukan kuesioner berisi beberapa penyataan tertulis kepada masyarakat yang merupakan nasabah Bank Jateng. Jumlah sampel yang didapatkan dalam penelitian ini berjumlah 114 nasabah dengan teknik penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu dengan ketentuan nasabah bertempat tinggal dan melakukan transaksi di Bank Jateng yang ada di Kota Semarang saat ini. Alat uji dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda.

 

Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: pertama, public relations berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra perusahaan. Kedua, reputasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap citraperusahaan. Ketiga, citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Keempat, public relations berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas yang dimediasi oleh citra perusahaan. Dan yang kelima, reputasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas yang dimediasi oleh citra perusahaan. Public relations dan reputasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap citra perusahaan. Public relations, reputasi dan citra perusahaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas.

 Kata kunci: Public Relations, Reputasi, Citra Perusahaan dan Loyalitas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-09