PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, DAN CITRA MEREK TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA MATIK DI KOTA TEGAL
Abstract
This study aims to determine the influence of each variable of product quality, service quality, and brand image of the purchasing decision process of Honda Matic motorcycle in Tegal City.
The data used in this study is the primary data, with the questionnaire as a research instrument, which is then processed with the calculation of SPSS (StatisticalProductand Solutions) version 19. Population in this study are consumers who purchase motorcycles Honda Matic in Tegal City, which amounted to 100 respondents . Sampling technique in this research use purposive sampling that is intentional sampling according to requirement of sample which needed. Analyzer used is multiple linear regression.
The results of this study indicate that each variable of product quality, service quality, and brand image have a positive and significant impact on the purchasing decision process of Honda Matic motorcycle in Tegal City.
Keywords: Product quality, service quality, brand image, purchasing decision process
Daftar Pustaka
Aaker, David A. and Kevin Lane Keller (1990). ConsumerEvaluations of BrandExtensions. Journal of Marketing 54.
Aeker, 1991., ManagingBrandEquity: Capitalizing on theValue of a BrandName.
Aaker&Stayman, (1992)., Dimensions of BrandPersonalityJournal of Marketing Research, Vol.XXXIV (August).
Aaker, David A. 2013. Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi kedelapan. Salemba Empat. Jakarta.
Ali M.B., Saidur R., Hossain M.S., 2007, A Review on Emission Analysisin Cement Industries, Journal Renewable and Sustainable Energy Reviews 15, Elsevier.
Amrullah, ArtikaRomal dan SasiAgustin, 2016., Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, Nomor 7, Juli 2016.
Antyadika, 2012., Analisis Lokasi, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Wong ArtBakery&Café Semarang). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.
AR, Rao dan Ruekert W (1994)., Brandalliance as signal of productquality. SloanManagRev 36 (fall):87–89.
Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
Atik,dan ratminto. 2005. Manajemen Pelayanan, disertai dengan pengembangan model konseptual, penerapan citizen’scharter dan standar pelayanan minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Atmawati, Rustika dan M. Wahyuddin, 2008. “Analisis Pengaruh Kualitas PelayananTerhadap Kepuasan Konsumen Pada Matahari DepartementStore di Solo GrandMall.” Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.
BasuSwasthaDharmmesta, T. Hani Handoko, 2000, Manajemen Pemasaran “ Analisa perilaku konsumen “. Edisi pertama cetakan ketiga. BPFEYogyakarta, Yogyakarta
Beladin, Muhammad Igor dan Bambang MunasDwiyanto, 2013., Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Pengguna Sepeda Motor Merek Yamaha dari Kalangan Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang; Diponegoro Journal of Management, Volume 2, Nomor 2.
Buchari Alma.,2005. Manajemen Pemasaran dan Manajemen Jasa. Cetakan 5 Bandung: CV Alfabeta
Daniel dkk 1998., Kecerdasan Emosional (edisi bahasa indonesia), Jakarta; PT. Gramedia.
Daryanto, 2014. Pembelajran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Jogjakarta: Gava Media
Davis, 2000., Perilaku Dalam Organisasi, Edisi ketujuh, Jakarta; Penerbit Erlangga.
Euis Soliha. 2017. Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda” Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Tahun 10. No. 1, April 2017
Ferdinand, 2006., Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang; Universitas Diponegoro.
Garvin, 1998. ManagingQuality, , The New: Free Press.
Gaspersz, Vincent. 2002. Pedoman Implementasi Program Six SigmaTerintegrasi dengan ISO 9001 : 2000 MBNQA dan HCCP. Jakarta : PT Gramedia PustakaUtama.
Ghozali, 2005., Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Semarang; Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi AnalisiMultivarite Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima.) Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam, 2006. Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS, Cetakan keempat, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Hasan, 2002., Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor; Ghalia Indonesia.
Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo, 1999, metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akutansi Dan Manajemen, Yogyakarta : BPFE, 1999.
Kotler, 2000, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jakarta; Prehallindo.
Kotler, 2001. Manajemen Pemasaran. Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta; PT. Prehallindo.
Kotler 2003. “Dasar – dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan” Jakarta : Indeks Gramedia
Kotler, 2004., Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, implementasi dan Kontrol, Edisi Sebelas. Alih Bahasa, Hendra Teguh. Jakarta; Penerbit PT. Prenhallindo.
Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, implementasi dan Kontrol, Edisi Sebelas. Alih Bahasa, Hendra Teguh. Jakarta: Penerbit PT. Prenhallindo.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Penerbit Erlangga. Jakarta.
Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Amstrong. 2009. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2009, Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid 2, Jakarta: Erlangga
Lupiyoadi dan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat
Musay, Fransisca Paramitasari. 2012. Pengaruh BrandImage terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Konsumen KFC Kawi Malang). Jurnal. Malang : Universitas Brawijaya.
Mowen, dan Michael Minor, 2002., Perilaku Konsumen. Jilid Kedua. Jakarta; Erlangga.
Parasuraman, Valerie A. Zeithaml. Leonard Berry. (1985). A Conceptual Model Of Service Quality And ItsImplication For Future Research. Journal Of Marketing, Volume 49.
Philip Kotler, 2005. Manajemen Pemasaran, Jilid I dan II, Edisi kesebelas, PT. Indeks, Gramedia, Jakarta
Priadi, Noval Agus S.E., 2014., Kajian Tentang Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic di Kecamatan Glenmore, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Volume 1, Nomor 1.
Purwantidkk 2012., “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda MaticBeat”.Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (Jenius) vol, 2 No. 3 : 260 – 277.
Rofiah, Patricia Dhiana Paramita, Aziz Fathoni. Pengaruh Product Quality, Service Quality dan Customer Perceived Value Terhadap Customer Loyalty Dengan Dimeiasi Trust Pelanggan Pada Mini Market Alfamart Boja Kendal. Universitas Pandanaran Semarang 2015.
Singarimbun, Masri. 1995. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta : Bandung.
Sunyoto, D. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : CAPS
Tjiptono, Fandy 1996, Manajemen Jasa, Yogyakarta; Penerbit Andi.
Tjahjaningsih, Endang dan MaurineYuliani. 2009. Analisis Kualitas Produk dan Citra Merek dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Merek HP Nokia. Vol.6. edisi 2, September 2009.
Tjiptono, Fandy (2011)., Pemasaran Jasa, Malang; Bayumedia.
Tjiptono, 2012, Pemasaran Strategi. Yogyakarta. ANDI
Yesenia, Edward H Siregar,(2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Produk terhadap Kepuasan serta Loyalitas Pelanggan Kentucky FriedChicken di Tangerang Selatan.