PENGARUH HARGA, CITRA MEREK, DAN KUALITAS MAKANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA DYRIANA BAKERY & CAFÉ SEMARANG

  • 11.05.51.0097 Lita Amelia Sandi

Abstract

Perhatian masyarakat terhadap makanan kuliner pada saat ini sangat berkembang pesat.Hal ini dilihat dari berbagai jenis bentuk beraneka macam yang masing-masing saling memunculkan inovasi untuk memperkenalkan produknya.Dalam situasi pasar yang penuh persaingan, suatu perusahaan tidak hanya berorientasi pada penciptaan produk atau jasa yang berkualitas saja.Akan tetapi perusahaan juga harus memahami keinginan dan kebutuhan konsumen agar dapat memberikan kepuasan pada konsumen.Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu semua konsumen di Dyriana bakery 7 café yang dilakukan secara insendentil pada bulan Nov-Desember 2014.Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang respionden. Data yang terkumpul diuji terlebih dahulu dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas sehingga diperoleh hasil yang valid dan reliabel sehingga dapat digunakan pada pengujian selanjutnya.Analisis selanjutnya penulis menggunakan pengujian regresi berganda untuk menjelaskan hubungan antara variabel independen dan variabel dependen.Hasilnya adalah harga, citra merek dan kualitas makanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Dari hasil persamaan regresi bahwa kualitas makanan  mempunyaipengeruh paling besar dan citra merek mempunyai pengaruh paling kecil. Hasil dari uji determinasi diperoleh variabel harga, citra merek dan kualitas makanan relatif besar dalam menjelaskan keputusan pembelian.

Kata kunci : harga, citra merek, kualitas makanan dan keputusan pembelian.