Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Promosi E-Wallet dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa

  • Miswanto Miswanto
  • Putri Arneta Sidik
  • Mohamad Faiz Arrafi
Keywords: Consumptive behavior, perceived convenience, perceived benefits, promotion, peer environment

Abstract

This study aims to examine the effect of perceived convenience, perceived benefits, e-wallet promotion, and peer environment on the consumer behavior of students using ShopeePay. The object of the research is students who use the ShopeePay e-wallet in various regions with primary data obtained from distributing questionnaires. The analytical method used is the convenience sampling method. The findings of this study indicate that (1) Perception of convenience does not have a positive effect on student consumptive behavior, (2) Perception of benefits does not have a positive effect on student consumptive behavior, (3) Promotion has a positive effect on student consumptive behavior, and (4) Peer environment has a positive effect on student consumptive behavior.

References

Adhinagari, A. H. 2018. “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko terhadap Persepsi Penggunaan Electronic Money (Studi Kasus Pada Warga Pengguna E-Money Di Kabupaten Sleman).” Yogyakarta.

Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran Dan Jasa. Bandung: Alfabeta.

Almas, A. 2019. “Pengaruh Financial Literacy, Pengendalian Diri, Teman Sebaya Dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bae Kudus.” Skripsi, 36.

Anjelina, A. 2018. “Persepsi Konsumen Pada Penggunaan E-Money.” Journal of Applied Managerial Accounting 2 (2): 219–31. https://doi.org/10.30871/jama.v2i2.934.

Astuti, E. Dwi. 2013. “Consumptive Behavior in Buying Goods from Housewives in Samarinda City.” EJournal Psikologi 1 (2): 148–56. http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/09/Jurnal (09-06-13-04-35-44).pdf.

Auralia, Y., Manggabarani, A.S., dan Wahyudi, W. 2020. "Analisis Minat Penggunaan Ulang pada Dompet Digital Shopee di Masa Pandemi Covid-19. Studi Ilmu Manajemen dan Organisasi, 1(2), 137-152.

Chaerunnisa, Indah. 2018. "Pengaruh Persepsii Kemuahan Penggunaan, Persepsi Manfaat dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Ulang, Studi Kasus pada Situs Belanja Online Shopee)." Insitusional Repository, Mercu Buana University, FE/MJ 18068.

Davis, Fred D. 1989. “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology.” MIS Quarterly: Management Information Systems 13 (3): 319–39. https://doi.org/10.2307/249008.

Dikria, Okky, et al. 2016. “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtf Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013.” Jurnal Pendidikan Ekonomi 9 (2): 143–55.

Disa, S. M., dan Kesuma, T. M.. 2017. “Pengaruh Persepsi Risiko, Persepsi Manfaat Dan Kepercayaan terhadap Niat Pembelian Konsumen Di Portal E-Commerce Zalora.Co.Id.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen 2 (1): 202–23. http://www.jim.unsyiah.ac.id/EKM/article/view/2604.

Fadillah, A. N. dan Achmad Bakhrul Muchtasib, A. B.. 2020. “Analisis Pengaruh Promosi Digital terhadap Perilaku Berbelanja Online Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Intervening.” Accounting, Finance and Banking 7 (1): 1233–43.

Farahdiba, E. S. 2019. “Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Pengguna E-Wallet (Electronic Wallet) Sebagai Alat Transaksi terhadap Mahasiswa Di Yogyakarta (Studi Kasus : Mahasiswa Pengguna Layanan E-Wallet OVO Di Yogyakarta).” Skripsi. Yogyakarta.

Fitriani. 2020. “Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif Melalui Kontrol Diri Siswa Di Sma Ylpi Pekanbaru.” Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro 8 (1): 1–8.

Fusilier, M. dan Durlabhji, S. 2005. “An Exploration of Student Internet Use in India (the Technology Acceptance Model and the Theory of Planned Behavior).” Journal of Marketing 22 (4): 233–46.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartono, Jogiyanto. 2008. Sistem Informasi Keperilakuan. Revisi. Yogyakarta: Andi.

Hardi, Veronika. 2020. "Pengaruh Kinerja Layanan dan Promosi Ovo Terhadap Keputusan Penggunaan Dompet Digital Ovo (Survey pada Masyarakar Surabaya). Jurnal Commercium, 3(3): 180-191.

Hatta, Pamade. 2019. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan E-Money Berbasis Mobile (Go-Pay) Oleh Generasi Milenial Dan Generasi Z.” Yogyakarta. Skripsi.

Hawkins, D.I., and Mothersbaugh, D.L. 2010. Consumer Behavior: Building Marketing Strategy. McGraw-Hill: Irwin.

Isnaini, Arief. 2006. Integrated Marketing Strategy 13P. Mataram: NTP Press.

Isnawati, E. dan Kurniawan, R. Y. 2021. “Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Melalui Gaya Hidup Sebagai Variabel Mediasi.” Economic Education Program, and Universitas Negeri Surabaya.14 (1): 47–60.

Kadeni, N. S.. 2018. “Pengaruh Media Sosial Dan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa.” Equilibrium 6. http://doi.org/10.25273/equilibrium.v6i1.2186.

Kinjariah. 2019. “Pengaruh Tingkat Pendapatan Bulanan, Hubungan Teman Sebaya Dan Trend terhadap Perilaku Konsumsi Busana Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Dan UIN SUKA Yogyakarta).” Yogyakarta.

Kotler, P., and Amstrong, G. 2013. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi Ketujuh. 7th ed. Jakarta: Erlangga.

Kusuma, V. T. 2020. “Pengaruh Dompet Elektronik Terhadap Perilaku Konsumtif Bagi Mahasiswa Di Universitas Raharja.” JI-Tech 16 (2): 50–54.

Lupiyoadi, Rambat. 2006. “Pengertian Promosi, Tujuan, Komponen, Bentuk Menurut Para Ahli.” 2006. https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-promosi/.

Miswanto, and Yessi Ria Angelia. 2017. “The Influence of Service Quality and Store Atmosphere.” JMK, VOL. 19, NO. 2, SEPTEMBER 2017, 106–111 ISSN 1411-1438 Print / ISSN 2338-8234 Online 19 (2): 106–11. https://doi.org/10.9744/jmk.19.2.106."

Nadhilah, P., Jatikusumo, R. I., dan Permana, E. 2021. "Efektifitas Penggunaan E-Wallet Di Kalangan Mahasiswa Dalam Proses Menentukan Keputusan Pembelian." JEMMA (Journal of Economic, Management, and Accounting), 4(2), 128-138.

Nawawi, Hizbul Hadi. 2020. Penggunaan E-Wallet di Kalangan Mahasiswa." Jurnal Emik, 3(2), Des, 189-205

Nisa, Chodryna L. 2017. “Perilaku Konsumtif Belanja Online Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2015.” Skripsi.

Novitasari, R. and Supriyanto, S.. 2020. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Ovo Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.” Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan 17 (1): 28–36. https://doi.org/10.21831/jep.v17i1.33542.

Fauziah, Annisa N. 2019. “Pengaruh Internet Banking terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa.” Skripsi, FE Universitas Islam Indonesia.

Pinem, R. J, Afrizal, T. and Saputra, J.. 2020. “The Relationship of Cashback, Discount, and Voucher toward Decision to Use Digital Payment in Indonesia.” Talent Development & Excellence 12 (3): 2766-2774.

Pratama, S. D. G.. 2018. “Perilaku Konsumtif Dan Kontrol Diri Belanja Online Pada Mahasiswa.” Islam Zeitschrift Für Geschichte Und Kultur Des Islamischen Orients. Yogyakarta.

Ramadhan, F. Rizky. 2020. “Penelitian Dengan Judul Pengaruh Promosi Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Bertransaksi Via OVO.” Journal of Chemical Information and Modeling 43 (1): 7728. https://online210.psych.wisc.edu/wp-content/uploads/PSY-210_Unit_Materials/PSY210_Unit01_Materials/Frost_Blog_2020.pdf%0Ahttps://www.economist.com/special-report/2020/02/06/china-is-making-substantial-investment-in-ports-and-pipelines-worldwide%0Ahttp://.

Ramadhani, R. H.. 2019. “Pengaruh Literasi Keuangan, Electronic Money, Gaya Hidup, Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Strata-1 Manajemen Universitas Sumatera Utara).” Skripsi.

Ritonga, Erik F. 2019. “Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Risk Dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi OVO Pada Mahasiswa FEB USU.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 1 (2): 1–77.

Safitri, Kiki. 2021. “Dalam 3 Bulan Terakhir, ShopeePay Jadi Dompet Digital Paling Banyak Digunakan.” Kompas.Com. 2021. https://money.kompas.com.

Santrock, Jhon W. 2011. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Sari, Mia A. et al. 2020. “Analisa Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet.” Ekonomi & Bisnis 18 (2): 126–34. https://doi.org/10.32722/eb.v18i2.2493.

Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif.” In . Bandung: Alfabeta.

Sumartono. 2002. “Terperangkap Dalam Iklan (Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi).” In . Bandung: Alfabeta.

Surna, I. N. dan Pandeirot, O. 2014. “Psikologi Pendidikan.” In , 110. Jakarta: Erlangga.

Thompson, R. L., Higgins, C. A, and Howell, J. M. 1991. “Personal Computing: Toward a Conceptual Model of Utilization Utilization of Personal Computers Personal Computing: Toward a Conceptual Model of Utilization1.” Source: MIS Quarterly 15 (1): 125–43.

Utami, R. 2016. ““Pengaruh Kualitas Sistem Dan Layanan, Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Resiko terhadap Sikap Penggunaan E-Money. (Studi Kasus : Mahasiswa Prodi Akuntansi, Universitas Islam Indonesia).” Yogyakarta.

Venkatesh, V. et. al.. 2003. “User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View.” MIS Quarterly: Management Information Systems 27 (3): 425–78. https://doi.org/10.2307/30036540.

Wang, Yi Shun et al. 2003. “Determinants of User Acceptance of Internet Banking: An Empirical Study.” International Journal of Service Industry Management 14 (5): 501–19. https://doi.org/10.1108/09564230310500192.

Wibowo, Arief. 2006. “Kajian Tentang Perilaku Pengguna Sistem Informasi Dengan Pendekatan TAM.” Jurnal Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jakarta, no. October. https://www.academia.edu/download/30907586/arif_wibowo.pdf.

Widiastuti, R. 2003. “Konsumerisme Vs Konsumtivisme.” 2003. http://www.kompas.com.

Widiyanti, Wiwik. 2020. “Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet OVO Di Depok.” Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan 7 (1): 54–68. https://doi.org/10.31294/moneter.v7i1.7567.

Wijayanti, Fantry. 2013. “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Kepercayaan Dan Persepsi Resiko terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Islam Indonesia).” Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 53. Yogyakarta.

Yahyapour, N. 2008. “Determining Factors Affecting Internet to Adopt Banking Recommender System.” Division of Industrial Marketing and E-Commerce, Master’s Thesis 36: 31–48. https://www.diva-portal.org/smash/get/diva2:1022238/FULLTEXT01.pdf.

Yollie, Zulmi. 2012. “Pengaruh Financial Literacy, Gaya Hidup, Dan Konformitas terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Akutansi.” Pekanbaru.

Yudha, RI. 2014. “Pengaruh Lingkungan Sekolah, Teman Sebaya Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada SMK Bidang Manajemen Bisnis Jurusan Pemasarandi Kecamatan Jambi Selatan Kota Jambi.” Jurnal Pendidikan.

Zakiyyah, Afifah. 2020. “Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat Dan Kepercayaan terhadap Minat Penggunaan Go-Pay.” Yogyakarta.

Published
2022-04-21
How to Cite
Miswanto, M., Sidik, P., & Arrafi, M. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Promosi E-Wallet dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 28(2), 136 - 151. https://doi.org/10.35315/jbe.v28i2.9274