Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan (Studi Empiris: Industri Consumer Goods)
Abstract
The purpose of this study was to determine the factors that affect firm value. The variables used in this study are dividend policy, investment decisions, managerial ownership, profitability, leverage, firm size and firm value. The research method uses quantitative research methods. Sources of data in this study using secondary data obtained from the official website of the Indonesia Stock Exchange with a sampling technique using the Purposive Sampling method. The population used in this study were all companies in the Consumer Goods Industry sector listed on the Indonesia Stock Exchange during the research period from 2016-2019 as many as 59 companies with a total sample of 16 companies. The data analysis method uses panel data regression model. The results show that dividend policy, investment decisions, managerial ownership have no significant effect on firm value, while profitability, leverage and firm size have an effect on firm value.
References
Berry, Yunike. (2016). Hubungan kebijakan dividen dan nilai perusahaan pada tahap mature dan growth. Jurnal Riset Akuntansi dan Komputerisasi Akuntansi. Vol 7. No.1, 65-73.
Brigham, Eugene F and Joel F. Houston. (2006). Manajemen Keuangan. Edisi Kedelapan. Buku 1. Jakarta: Erlangga.
Brigham, Eugene F dan Joel F. Houston. (2011). Dasar-dasar Manajemen Keuangan buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Brigham, Eugene F., & Joel F. Houston. (2014). Dasar-dasar Manajemen keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Dewantari, N.L., Cipta, W., & Susila, G.P. (2019). Pengaruh ukuran perusahaan dan leverage serta profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Bisma: Jurnal Manajemen,Vol. 5 No. 2, 68-75.
Dhani, I.P., & Utama, A.G. (2017). Pengaruh pertumbuhan perusahaan, struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Airlangga, 135-148.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Horne, J.C. Van, & Wachowicz, J.M. (2013). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Husnan, Suad. (2000). Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Husnan, Suad. (2004). Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Husnan, Suad dan Enny Pudjiastuti. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Edisi Kelima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Junaidi, A.A. (2013). Analisis pengaruh free cash flow, struktur kepemilikan, kebijakan dividen, struktur aktiva, dan profitabilitas terhadap kebijakan hutang perusahaan. Hal 1-22.
Kasmir. (2009). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana.
Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Lubis, I.L., Sinaga, B.M., & dan Sasongko, H. (2017). Pengaruh profitabilitas, struktur modal, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, 458-465.
Mahadianto, Moh Y., & Setiawan, A. (2013). Analisis Parametik Dependensi Dengan Progam SPSS. Edisi Pertama. Jakarta. Rajawali Pers.
Mardiyati, Umi., Ahmad, G. N., & Putri, R. (2012). Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2005-2010. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) Vol. 3, No. 1 , 1-17.
Mudma’inah, D.R., Probowulan, D., & Kamelia F.A, I. (2019). Pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, keputusan investasi, keputusan pendanaan dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, Vol. 9 No. 2, 137 147.
Mutmainnah, Puspitaningtyas, Z., & Puspita, Y. (2019). Pengaruh kebijakan dividen, keputusan investasi, ukuran perusahaan dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan. Buletin Studi Ekonomi. Vol. 24 No. 1.
Novari, P.M., & Lestari, P.V. (2016). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada sektor properti dan real estate. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.9, 2016:5671-5694 .
Pradani, K.D. (2018). Pengaruh kebijakan deviden, struktur modal, ukuran perusahaan dan kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan sektor consumer good yang listing di bursa efek indonesia (bei) periode 2012-2016. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 6 Nomor 3 – Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya .
Pradnyana, I. B., & Noviari, N. (2017). Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Transparansi Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana , 1398-1425.
Rajagukguk, L., Ariesta, V., & Pakpahan, Y. (2019). Analisis pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, keputusan investasi, dan kebijakan utang terhadap nilai perusahaan. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, Vol 3, (1) , 77-90.
Rudangga, I. G., & Sudiarta, G. M. (2016). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.7, 2016: 4394 - 4422 .
Sartono, Agus. 2011. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi (4th ed.). Yogyakarta: BPFE Yogyakarta
Sintyana, I.P., & Artini, L.G. (2019). Pengaruh profitabilitas, struktur modal, ukuran perusahaan dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 2, 2019: 7717 – 7745 .
Sudana, I made. (2009). Manajemen keuangan teori dan praktek. Surabaya: Airlangga University Press.
Sudarsi, S. (2002). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dividen Payout Ratio Pada Industri Perbankan Yang Listed Di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Jurnal Bisnis dan Ekonomi .
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukarya, I.P., & Baskara, I.G. (2019). Pengaruh profitabilitas, leverage, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan sub sektor food and beverages. E-Jurnal Manajemen,Vol. 8, No. 1, 2019: 7399 – 7428.
Sundjaja, R. S, & Barlian, I. (2003). Manajemen Keuangan 1 (Vol. 5). Jakarta: Literata Lintas Media.
Suwardika, I.N., & Mustanda, I.K. (2017). Pengaruh leverage, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan properti. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 3, 2017: 1248-1277.
Utami, A.P., & Darmayanti, N.P. (2018). Pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No.10,2018:5719-5747.
Wahidahwati. (2002). Pengaruh kepemilikan manajerial dan institusional pada kebijakan hutang perusahaan: sebuah perspektif theory agency. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vol. 5 No. 1. Januari 2002, Hal 1-16.
Wiagustini, Ni Luh Putu. (2010). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Cetakan Pertama. Denpasar: Udayana University Press.
Widyantari, N.L., & Yadnya, I.P. (2017). Pengaruh struktur modal, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan food and beverage di bursa efek indonesia. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 12, 2017: 6383-6409.
Wongso, Amanda. (2012). Pengaruh Kebijakan Dividen, Struktur Kepemilikan, Dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan Dalam Perspektif Teori Agensi Dan Teori Signaling. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen , 1-6.
Yanti, P.D., & Abundanti, N. (2019). Pengaruh profitabilitas, leverage dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan properti, real estate dan konstruksi bangunan. E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 9, 2019 :5632 5651.