Peran Corporate Social Responsibility Sebagai Pemoderasi Dalam Memprediksi Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Agresivitas Pajak Di Indonesia: Kajian Teori Legitimasi

  • Achmad Badjuri
  • Jaeni Jaeni
  • Andi Kartika
Keywords: profitability, company size, corporate social responsibility, tax aggressiven

Abstract

This study was conducted to examine the effect of profitability and company size with Corporate Social Responsibility as moderation, the object of research used by manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the 2014-2017 period. The number of samples selected was 179 observations determined using the purposive sampling method. The analysis technique used is Moderated Regression Analysis. The results of the analysis of this study stated that profitability and firm size had a significant negative effect on tax aggressiveness while for moderating variables Corporate Social Responsibility strengthened profitability and weakened company size towards tax aggressiveness

References

Chen, S., Chen, X., Chen, Q., & Shevlin, T. . (2010). Are Family Firms More Tax Aggressiveness Than Non-Family Firms? Journal of Financial Economics, 95(41–61).

Devi, D. A., & Gede, L. (2019 ). Pengaruh Profitabilitas pada Agresivitas Pajak dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai Variabel Moderasi.

Findria, P. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan terhadap Agresivitas Pajak dengan Corporate Social Responsiblity (CSR) sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi Akuntansi, 3(4).

Frank, M. M., Lynch, J. L., & S.O., R. (2009). Are Financial and Tax Reporting Aggressiveness Reflective of Broader Corporate Policies? The Accounting Review, 84(2), 467–496.

Gemilang, D. N. (2017). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Capital Intensity terhadap Agresivitas Pajak Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di BEI 2013-2015). Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institute Agama Islam Negeri Surakarta.

Lanis, R., & Richardson, G. (2012). Corporate Social Responsibility and Tax Aggressiveness: An Empirical Analysis. Journal of Accounting and Public Policy, 31(1), 86–108.

Lanis, R., & Richardson, G. (2013). Corporate Social Responsibilty and Tax Aggressiveness: A test of Legitimacy Theory. Accounting, Auditing and Accountability Journal, 26(1), 75–100.

Luke, Z. (2016). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Agresivitas Pajak (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar dalam BEI 2012-2014). Jurnal Universitas Diponegoro Semarang.

Mustika. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Capital Intensity dan Kepemilikan Keluarga terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris Pada Perusahan Pertambangan dan Pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pe.

Nugraha, N. B., & Meiranto, W. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Capital Intensity terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2012-2013). Diponegoro Journal of Accounting, 4(4), 1–14.

Sari, K. S., & Martani, D. (2010). Ownership Characteristic, Corporate Governance and Tax Aggressiveness.

Sari, N. A. (2018). Pengaruh Profitabiltas dan Leverage terhadap Penghindaran Pajak dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai Variabel Moderasi. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.

Tiaras, I., & Wijaya, H. (2015). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Manajemen Laba, Komisaris Independen dan Ukuran Perusahaan terhadap Agresivitas Pajak. JOM FEB, 1(1).

Yani, P. D. (2017). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Intensitas Persediaan dan Ukuran Perusahaan terhadap Tingkat Agresivitas Wajib Pajak Badan Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI Tahun 2012-2016.

Yoehana, M. (2013). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar dalam BEI 2010-2011). Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Published
2021-07-09
How to Cite
Badjuri, A., Jaeni, J., & Kartika, A. (2021). Peran Corporate Social Responsibility Sebagai Pemoderasi Dalam Memprediksi Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Agresivitas Pajak Di Indonesia: Kajian Teori Legitimasi. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 28(1), 1 - 19. https://doi.org/10.35315/jbe.v28i1.8534