KOMPETENSI DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN: BERWAWASAN GLOBAL BERJIWA LOKAL
Abstract
Pendidikan kcwarganegaraan (Civic Education) mcrupakan konsep yang mengglobat, dalam arti setiap riegara memikirkan, mebkaenakan, dan mengeva1uai kegiatan tnt. Setiap negara berkepentRngan untuk mewarganegarakan warga negaranya. Target pertanla dan utarna dalam upaya menyelenggarakan pendidikan kewarganegaraan adalah warga negara yang tahu persia dan paham jati din masyarakat, bangsa, dan ncgaranya. Dalam rangka memperoleh pemahaman ml, masing-masing individu warga negara harus mempunyai pvngvtahuan yang luas, Pengrtahuan yang dipcrolch dan dalazn masyarakat. bangsn dan negaranya sendini maupun dan masyarakat, bangsa dan Ncgara Lain. Pcngetahuan dart dabm din kehidupannya unluk mcncmukan jaIl diii yang sebenarnya. aedangkan pengetahuan dart pihak bin untuk memperkuat jati dininya. Pengetahuan dan pihak lain bukan untuk diuru begitu saja melainkan hanya sekedar penambah cakrawab pandang daiarn rangka memperkuat jati dinnya,
Gambaran warga negara sebogaimana tersebut dapat disqajarkan dcngan pendapat Cogan (Panitla, 2009: 1) yadu “multidimensronal citizeisship Warga ncgara multidimensional mi memiliki tuna athbut, yaknt -. ..a wnce of idenhly; the enjoyment of certam rihta,; the fuflbnent of cvrrespondin obi gatums: a deg,e of interest and im’ok’ernent in public af)kira; and an acceptance of basic weletal values. -