PERBEDAAN SIKAP DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA IKLAN DENGAN MENGGUNAKAN KREDIBILITAS SUMBER TINGGI DAN RENDAH

  • Euis Soliha
  • Rusyadi Yogo Kusumo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan sikap konsumen pada iklan denganmenggunakan kredibilitas sumber tinggi dan rendah.Terdapat dua hipotesis yang akan diujidalam penelitian ini. H1: Terdapat perbedaan sikap nasabah pada iklan dengan menggunakankredibilitas sumber tinggi dan kredibilitas sumber rendah. H2: Terdapat perbedaankepercayaan nasabah pada iklan dengan menggunakankredibilitas sumber tinggi dan kredibilitassumber rendah. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen laboratorium yaknieksperimen yang dilakukan dalam lingkungan buatan atau diatur. Desain yang digunakan adalahfaktorial design. Partisipan yang dipilih adalah orang dewasa sebanyak 65 orang, sedangkanuntuk partisipan cek manipulasi sebanyak 35 orang. Untuk menguji hipotesis pertama dan kedua,partisipan dikelompokkan dalam dua kelompok secara acak yang masing-masing diberiperlakuan salah satu dari dua format iklan yaitu iklan dengan kredibilitas sumber tinggi dan iklandengan kredibilitas sumber rendah. Penelitian ini menggunakan satu kuesioner untuk dua versiiklan sedangkan untuk teknik analisisnya pengujian instrumen penelitian dengan uji validitas danuji reliabilitas terhadap kuesioner dan analysis of variance (ANOVA) untuk menguji hipotesis 1dan 2. Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sikap nasabah pada iklan denganmenggunakan kredibilitas sumber tinggi dan rendah. Sedangkan hasil pengujian hipotesis 2menunjukkan tidak terdapat perbedaan kepercayaan konsumen pada iklan dengan menggunakankredibilitas sumber tinggi dan rendah.Kata kunci : kredibilitas sumber, iklan, sikap, kepercayaan
Section
Articles