PENGARUH CITY BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE KOTA SEMARANG
Soliha Euis
Hasan Abdul Rozak
R. Basiyo
Ujianto Purwanto
Abstract
Kesadaran merek (brand awareness) berperan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Konsumen akan memilih suatu produk yang lebih dikenalnya (diketahuinya) dibandingkan dengan membeli suatu produk yang belum pernah dikenalnya sama sekali. Dengan kesadaran merek yang tinggi, memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan penjualan atas produk mereka. Oleh sebab itu untuk meraih kesadaran konsumen merupakan salah satu sasaran pemasaran yang perlu dibidik oleh perusahaan. Untuk menimbulkan kesadaran merek pada konsumen dibutuhkan suatu stimulus atau hal-hal yang dapat merangsang munculnya kesadaran merek tersebut. Bagi pemasar merek merupakan hal yang penting karena untuk membedakannya dengan pesaing. Pemberian nama merek tidak hanya terbatas pada suatu produk atau barang saja tetapi sudah meluas ke berbagai hal seperti City Branding. Penelitian ini untuk menganalisis apakah city branding berpengaruh terhadap brand image; apakah brand image berpengaruh terhadap keputusan berkunjung ke Kota Semarang; apakah city branding berpengaruh terhadap keputusan berkunjung ke Kota Semarang; dan apakah city branding berpengaruh terhadap keputusan berkunjung ke Kota Semarang dimediasi oleh brand image.Populasi dalam penelitian ini adalah orang yang berkunjung ke Kota Semarang. Sampel yang digunakan sebanyak 104 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa City branding berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand image. Artinya semakin baik implementasi city branding maka akan meningkatkan brand image (citra) Kota Semarang di benak calon pengunjung, Brand image berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung ke Kota Semarang. Artinya semakin baik penciptaan brand image (citra) Kota Semarang di benak calon pengunjung maka akan mendorong calon pengunjung untuk memutuskan datang ke Kota Semarang.City branding tidak berpengaruh secara langsung terhadap keputusan berkunjung ke Kota Semarang, akan tetapi pengaruhnya melalui mediasi. Brand image memediasi city branding terhadap keputusan berkunjung ke Kota Semarang. Artinya semakin baik implementasi city branding dengan mediasi tingginya brand image (citra) Kota Semarang di benak calon pengunjung maka akan mendorong calon pengunjung tersebut memutuskan datang ke Kota Semarang.Keywodrs: city branding, brand image, visit