PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU DIMODERASI OLEH SUPERVISI (Studi Kasus pada Guru SMA Negeri Wilayah Timur Di Kabupaten Pemalang)

  • Sudriyah .
  • Lie Liana

Abstract

Penelitianini meneliti pengaruh motivasi kerja dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru dimoderasi oleh supervisi pada guru SMA N Wilayah Timur di Kabupaten Pemalang. Tujuan spesifik penelitian adalah untuk menguji bagaimana supervisi memoderasi pengaruh motivasi kerja dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru di Kabupaten Pemalang. Kegunaan penelitian ini menjelaskan dan memperluas penelitian
sebelumnya mengenai pengaruh motivasi kerja dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru.Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru SMA Negeri Wilayah Timur di Kabupaten Pemalang yang berjumlah 157
orang. Penelitian ini menggunakan data primer dengan skala Likert empat variabel. Metode penelitian menggunakan pendekatan dengan program statistik SPSS (Statistik Package for Social Science). Adapun
metode Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas dan regresi linier dengan uji moderasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja
guru. Kompetensi profesional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Supervisi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Supervisi memoderasi pengaruh motivasi kerja terhadap
kinerja guru. Supervisi tidak memoderasi pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru.


Kata Kunci: motivasi kerja, kompetensi profesional,supervisi, kinerja guru

Section
Articles