PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU DENGAN MODERASI SUPERVISI AKADEMIK Studi pada Guru Kelas SD di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang

  • Sutrisno Budi Untara
  • Lie Liana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi dan motivasi terhadap kinerja guru dimoderasi supervisi akademik pada Guru Kelas SD di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang.
Populasi dalam penelitian ini adalah Guru Kelas Sekolah Dasar di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang sebanyak 116 guru. Data primer dikumpulkan dengan menggunakan instrumen kuesioner berisi empat
variabel, yaitu kompetensi, motivasi, supervisi akademik, dan kinerja guru. Pengukuran variabel dilakukan dengan menggunakan Skala Likert 7. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Pada
penelitian ini digunakan t-test pada tingkat signifikansi () 0,05 untuk melakukan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa kompetensi guru tidak berpengaruh terhadap kinerja
guru, motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, supervisi akademik tidak mempengaruhi kinerja guru. Selain itu diperoleh pula hasil bahwa supervisi akademik memoderasi dalam hal ini memperkuat pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru, serta supervisi akademik memoderasi dalam hal ini memperlemah pengaruh motivasi terhadap kinerja guru.


Kata kunci: kompetensi, motivasi, supervisi akademik, kinerja guru

Issue
Section
Articles