MEMBANGUN KINERJA PEMASARAN MELALUI PENCAPAIAN SINERGITAS KERJ ASAMA DAN KEUNGGULAN POSISIONAL BERSAING BERLANDASKAN RELATIO NSHIP MORKETING OUTCOMES

  • Alimuddin Rizal Riva'i

Abstract

Studi ini dirahkan untuk menguji model penelitian empirik yong menggunakan variablevariabel relationship marketing outcomes (loyalitas, keeratan hubungan dan pesan berantai positifl, dan dampaknyo pido variabel-variabel luaran-luaran sftalegis dari kerjosama antat' perusahaan (sinergitas kerjasama, keunggulan posisional bersaing dan kinerja pemasaran). Studi'ini relah diujikan pada responden yang mengelola industri pariwisata di Jawa Tengah dan DIY, dengan menggunakan Uji Statisti,ta,SP,SS dan Structural Equation Modeling (AMOS). Hasil studi in-i menjelaskan bahwa;t)Loyalitas, Keeraton Hubungan, Pesan Berantai Positif signifikan dan positif mempengaruhi sinergitas kelasanra; 2)'ginergitas Keriosoma berpengaruh tigniqton dan positif terhadap Keunggulan Posisional Bersaing dan Kinerja Pemasaran;3) Kiriggulan Posisional Bersaing berdampak positiJ'pula terhadap Kinelo Penrosaran, Selaniutnya, dari iisil kajian studi ini diperoleh informasi bahwa Sinergitos Kerjasctma adalah variabel penting dalam menciptakan Keunggtlan Posisional Bersoing dan Kineria Pentasoran. Simpulan dari studi ini, bahwa kerjasama antar orglnisasi yang mampu menghasilkan loyalitas, irrrot* hubungan dan pesan berantai positif adalah modal sosial untuk membangun siiergitas kerjasama. Jika kondisi ini dicapai maka organisasi pariwisata yang menjalin kerjasama pemasaran okan memiliki keunggulan posisional bersaing dan kineria petn(t.saran.

Kata Kunci: Loyalitas, Keeratan Hubungan, Pesan Berantai PositiJ, Sinergitas Keriasama, Keunggulan Posisional Bersaing, Kinerja Pemasaran dan Relationship Marketing Outcomes.

Issue
Section
Articles