ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRICE TO BOOK VALUE DAN IMPLIKASINYA PADA RETURN SAHAM (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI)

  • Wardjono Wardjono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor fundamental perusahaan terhadap price to book value  dalam peneilaian saham di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006 – 2008. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling yaitu  pengambilan sampel dengan menggunakan kriteria-kriteria tertentu. Dari kriteria tersebut, maka diperoleh sampel sebanyak 27 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian membuktikan bahwa Return on Equity (ROE) dan Growth berpengaruh signifikan terhadap Price to Book Value (PBV), sementara pengujian pada Dividen Payout Ratio (DPR) dan Degree of Financial Leverage tidak berpengaruh signifikan  terhadap Price To Book Value (PBV). Penelitian ini juga membuktikan bahwa Price To Book Value (PBV) berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham return saham. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas dan tingkat pertumbuhan merupakan faktor yang dipertimbangkan oleh investor. Sementara itu dividen yang digunakan sebagai sinyal oleh investor tidak direspon positif oleh para nvestor. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa return saham perusahaan yang undervalued tidak lebih baik daripada return saham perusahaan yang overvalued.

Kata kunci: Dividend Payout Ratio, Return On Equity, Growth, Degree of Financial Leverage, Price to Book Value dan, Return Saham