EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL TERHADAP PENINGKATAN NILAI AKHIR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

  • Tutut Wahayuningrum

Abstract

Modul sebagai sarana media pembelajaran dapat menjadi salah satu salusi dalam menerapkan model pembelajaran SAINTIFIK yaitu dengan menggunakan prinsip-prinsip pembelajaran berbasis pada siswa (selft concept) yang artinya adalah pembelajaran yang dilakukan dengan orientasi pencapaian kompetensi peserta didik, sehingga tujuan akhir hasil pembelajaran adalah meningkatkan kompetensi peserta didik yang dapat diukur dalam pola sikap, pengetahuan, dan keterampilannya.

Berangkat dari konsep tersebut, studi ini ditujukan untuk mengkaji secara empiris efektifitas modul dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa yang diukur melalui nilai akhir siswa yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan independent sample t test.

Hasil pengujian empiris yang dilakukan pada studi ini menunjukkan bahwa pemberian modul kepada siswa terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa yang ditunjukkan dari perolehan nilai akhir siswa.

 

Kata Kunci:   modul, efektifitas  

Published
2019-03-15
How to Cite
Wahayuningrum, T. (2019). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL TERHADAP PENINGKATAN NILAI AKHIR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS. Jurnal Ilmiah Dinamika Bahasa Dan Budaya, 14(1), 1 - 9. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/fbib1/article/view/6710