Penggunaan Metode Kolase untuk meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Mahasiswa Jurusan Non Bahasa Inggris
Abstract
Penelitian ini bertujuan menggunakan metode kolase itu efektif untuk memotivasi mahasiswa meningkatkan English speaking skill. Penelitian ini deskriptif kualitatif dengan metode kolaboratif, pendekatan kolase, pemberian informasi, tutor peer review, planning strategies and self-monitoring, with students’ feedback evaluations. Populasi penelitian ini mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan stratified random sampling. Ada dua session grup diskusi untuk memperoleh data. Pertama dengan metode collaborative ; yang kedua dengan kolaboratif dan metode kolase. Pada proses diskusi kedua-duanya di monitor dan pada proses diskusi ke 2 mahasiswa di beri bahan sebagai sumber untuk metode kolase. Pada setiap sesion dilakukan pair-group discussion dan setiap grup saling berperan sebagai student’s reviewer. Peneliti memberi evaluasi berdasarkan pada Student Rubric Assesment (SRA) dari Brown. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa dengan metode kolase mendorong mahasiswa untuk memperoleh kemampuan speaking yang lebih efektif
Kata Kunci: tutor peer review, collaborative, kolase, student’s reviewer
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.