Penggunaan Metode Kolase untuk meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Mahasiswa Jurusan Non Bahasa Inggris

  • Wienny Ardriyati .

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggunakan metode kolase itu efektif  untuk memotivasi mahasiswa meningkatkan English speaking skill. Penelitian ini deskriptif kualitatif dengan metode kolaboratif, pendekatan kolase, pemberian informasi, tutor peer review, planning strategies and self-monitoring, with  students’ feedback evaluations. Populasi penelitian ini mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan stratified random sampling. Ada dua session grup diskusi untuk memperoleh data. Pertama dengan metode collaborative ; yang kedua dengan kolaboratif dan metode kolase. Pada  proses diskusi  kedua-duanya di monitor dan pada proses diskusi ke 2 mahasiswa di beri bahan sebagai sumber  untuk metode kolase. Pada setiap sesion dilakukan pair-group discussion dan  setiap grup saling berperan sebagai student’s  reviewer. Peneliti  memberi evaluasi berdasarkan pada Student Rubric Assesment (SRA) dari Brown. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa  dengan metode kolase mendorong mahasiswa untuk memperoleh kemampuan speaking yang lebih efektif

 

Kata Kunci: tutor peer review, collaborative, kolase, student’s reviewer

Published
2018-03-06
How to Cite
., W. (2018). Penggunaan Metode Kolase untuk meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Mahasiswa Jurusan Non Bahasa Inggris. Dinamika Bahasa Dan Budaya, 13(1), 32-44. https://doi.org/10.35315/bb.v13i1.5616
Section
Articles